Siapa Berjuang Memerdekakan Bangsa? Ini Pandangan Panglima TNI

Sapujagat, Yogyakarta – Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo berziarah ke makam Jenderal Sudirman di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kusumanegara, Selasa (19/9/2017) siang. Kegiatan ini merupakan bagian dari ziarah dalam rangka HUT ke-72 TNI.

Gatot menuturkan, ziarah pernah ia lakukan sebelum menyandang jabatan Panglima TNI. Menurutnya, Jenderal Sudirman terkenal sebagai panglima termuda yang dekat dengan prajurit dan juga dikenal sebagai kiai.

“Saya mewakili prajurit berziarah ke sini, kami minta prajurit meneladani langkah perjuangan beliau yang pantang menyerah, kobaran api perjuangan yang dikobarkan Sudirman mematri prajurit,” ujarnya.

Ia menjelaskan Jenderal Sudirmanlah yang menciptakan doktrin tentara Indonesia lahir dari dan untuk rakyat. Tentara lahir setelah kemerdekaan, sebelumnya rakyat yang berjuang.

“Bohong TNI berjuang memerdekakan bangsa, yang berjuang rakyat. sebab rakyat adalah ibu kandung TNI,” ucap Gatot.

Ia menambahkan pasca kemerdekaan, rakyat yang berjuang sebagian kembali ke profesinya masing-masing dan ada pula yang berpikir soal menjaga keamanan negara sehingga dibentuklah kesatuan tentara.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

Sumber

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*