Megawati Akan Dianugerahi Gelar Doktor Politik Pendidikan

Sementara itu, menurut Rektor Universitas Negeri Padang, Ganefri penghargaan ini diberikan setelah melihat rekam jejak Megawati yang cukup panjang di bidang politik pendidikan.

Dia menilai, putri presiden pertama RI Sukarno itu, berhasil mengubah paradigma pendidikan nasional sejak awal reformasi, yang manfaatnya dirasakan sampai sekarang.

“Ibu Megawati luar biasa berjasa dalam sistem pendidikan nasional ketika Beliau saat menjabat sebagai Presiden telah mengubah paradigma pendidikan nasional,” ucap Ganefri.

Salah satu yang dilahirkan Megawati, lanjut dia, adalah berhasil menerbitkan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003. Di mana, saat itu mengimplementasikan amanat konstitusi tentang alokasi 20 persen dana APBN untuk pendidikan. Hal inilah yang membuat Megawati layak diberi gelar doktor honoris causa.

“UU Sisdiknas jelas-jelas mencantumkan tujuan pendidikan adalah untuk membentuk manusia Indonesia yang berakhlak mulia sebagai realisasi dari nation and character building, pembentukan karakter bangsa yang didengungkan oleh Presiden Sukarno berkali-kali pada masa awal berdirinya Republik Indonesia,” pungkas Ganefri.

Sumber

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*