Ketahui 8 Fakta Menarik tentang Dubai

Liputan6.com, Jakarta Dubai merupakan kota yang dikenal dengan gaya hidupnya yang gemerlap dan mewah, serta menawarkan berbagai hal yang hingga kini memegang rekor dunia. Selain itu, Dubai juga menyimpan berbagai sejarah dan kebudayaan yang menarik dan berbagai hal yang akan mengejutkan Anda.

Mari cari tahu beberapa hal menarik berikut, untuk menyingkap beberapa hal yang patut Anda ketahui tentang Dubai seperti rilis yang diterima Liputan6.com, Selasa (19/9/2017) berikut ini. 

1. Sebagai industri mutiara 

Sebelum sektor pariwisata dan perhotelan, penghasilan terbesar Dubai berasal dari industri minyak. Namun, sebelum industri minyak, Dubai memiliki industri mutiara yang besar, dengan 300 kapal layar selam dan 7.000 pelaut yang selalu bekerja keras. Untuk menggali sejarah panjang ini, kunjungi Pearl Museum, yang menjadi salah satu rumah terbesar bagi koleksi mutiara terbaik di dunia, yang didonasikan pedagang mutiara Sultan Al Owais. Salah satu koleksi yang dipamerkan adalah sebuah mutiara air laut senilai AED 500 juta atau hampir Rp 2 triliun.

2. Memiliki hubungan kuat dengan India

Pada pertengahan 1800-an, India rupee merupakan mata uang utama di Dubai dan di berbagai negara lainnya di UEA, dengan Gulf Rupee sebagai penggantinya pada tahun 1957 sebelum akhirnya berhenti digunakan pada tahun 1966. Di balik evolusi penggunaan mata uang ini, hubungan dengan India tetap bertahan kuat. Buktinya, India merupakan negara dengan angka kedatangan wisatawan terbanyak ke Dubai.

Selain itu, ada juga ketersediaan banyaknya restoran India yang menggiurkan di berbagai penjuru kota. Hal lain yang menjadi bukti hubungan kuat antara Dubai dan India adalah pembukaan Bollywood theme park pertama di dunia, di Dubai Parks and Resorts.

3. Sistem transportasi yang mutakhir

Dubai memiliki sistem transportasi publik yang mutakhir. Menurut data Guinness World Records, sistem kereta metro di Dubai merupakan sistem metro tanpa awak terpanjang di dunia. Jalurnya bertambah panjang setiap harinya dengan stasiun pemberhentian baru yang terus ditambah hingga mencapai lokasi Expo 2020 di Dubai.

4. Berkembangnya pemilik mobil

Kurang dari 50 tahun lalu pada 1968, hanya terdapat 13 mobil yang terdaftar di Dubai. Saat ini, ada lebih dari 1,5 juta mobil, berkaca pada pertumbuhan signifikan dari permukiman nelayan dan penyelam mutiara yang hingga kini menjadi kota keempat yang paling banyak dikunjungi di dunia.

Saksikan Video Menarik di Bawah Ini:

 

Sumber

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*