Awas! Ada Malware di Aplikasi Wallpaper Sudah Menginfeksi 21 Juta Perangkat

Lovely Wallpaper, salah satu aplikasi yang terpapat malware, sumber: PhonearenaLovely Wallpaper, salah satu aplikasi yang terpapat malware, sumber: Phonearena

Hingga saat ini, malware atau perangkat unak yang bersifat merugian masih menghantui pengguna Android. Meskipun pengguna sudah berhati-hati untuk tidak mengunduh aplikasi dari luar Play Store. Buktinya, sebuah malware ditemukan di aplikasi wallpaper yakni ExpensiveWall yang berasal dari aplikasi di Google Play Store. Malware baru tersebut konon sudah menginfeksi 21,1 juta perangkat Android.

Periset Check Point menemukan malware tersebut awal bulan lalu dan mengeluarkan sebuah pernyataan yang berisi semua temuan mereka terkait dengan ExpensiveWall.Sayangnya, malware tersebut menginfeksi sedikitnya 50 aplikasi di Google Play, yang diunduh antara 1 juta hingga 4,2 juta kali sebelum dihapus.

Perangkat lunak berbahaya ExpensiveWall “dikemas” di dalam aplikasi wallpaper, yang memungkinkannya lolos dari perlindungan anti-malware Google Play. Metode “packed” sering digunakan oleh pengembang malware untuk mengenkripsi kode berbahaya.

Meskipun Google menghapus aplikasi yang terinfeksi ini setelah 7 Agustus lalu, mereka yang memasangnya sebelum dihapus masih berisiko, jadi mereka harus menghapusnya secara manual dari perangkat Android mereka.

Bagaimana cara kerjanya?

Karena ExpensiveWall “dikemas” di dalam aplikasi Android, maka akan meminta pengguna untuk beberapa izin umum, seperti akses SMS dan internet. Jika diberikan, malware akan mulai mengirim pesan SMS premium dan mendaftarkan pengguna untuk layanan berbayar lainnya yang tidak ada tanpa sepengetahuan pengguna.

Meskipun izin ini cukup umum untuk beberapa jenis aplikasi tertentu, sama sekali tidak ada alasan untuk aplikasi wallpaper untuk meminta izin SMS atau bahkan akses internet untuk hal ini. Sayangnya, banyak pengguna Android memberikan izin ini tanpa berpikir, yang mungkin merupakan salah satu alasan mengapa hal itu menyebar begitu cepat di tempat pertama.

Bagaimana cara menghindarinya?

Nah, sebenarnya tidak ada cara untuk tetap terlindungi selama Anda tidak memperhatikan izin aplikasi sebelum dipasang. ExpensiveWall adalah malware yang sangat rumit yang hampir tidak terdeteksi oleh solusi keamanan standar (baca gratis) yang tersedia di Google Play Store.

Yang lebih buruk lagi adalah pengembang perangkat lunak perusak menemukan cara baru untuk melewati perlindungan keamanan Google Play Store lebih sering daripada sebelumnya. Intinya adalah Anda tidak akan pernah yakin apakah perangkat Android Anda terinfeksi atau tidak, jadi cara terbaik untuk tetap aman adalah memasang aplikasi profil tinggi dan hindari yang dipertanyakan. (*)

Sumber: Phonearena

Sumber

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*