Ini 11 Wujud Uang Baru NKRI Beserta Maknanya

Uang Baru – Bank Indonesia (BI) pada Senin (19/1/2016) pukul 09.00 WIB meluncurkan Uang Baru. Peluncuran uang rupiah baru yang akan berlangsung di Gedung BI, Jakarta, tersebut dihadiri oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). Gambar Uang Rupiah Baru banyak diburu netizen karna penasaran seperti apa wujud uang baru yang kali ini dikeluarkan Bank Indonesia.

Direktur Eksekutif Departemen Pengelolaan Uang Bank Indonesia Suhaedi menjelaskan, uang rupiah kertas yang akan diterbitkan terdiri dari nilai nominal Rp 100 ribu, Rp 50 ribu, Rp 20 ribu, Rp 10 ribu, Rp 5.000, Rp 2.000, dan Rp 1.000. Sedang uang rupiah logam terdiri atas pecahan Rp 1.000, Rp 500, Rp 200, dan Rp 100.

Gubernur Bank Indonesia, Agus Martowardojo menjelaskan lima makna , pertama adalah pemenuhan syarat dalam fisik uang NKRI sesuai Undang-Undang Mata Uang Nomor 7 Tahun 2011, salah satunya adalah terdapat frasa NKRI.

“Pencantuman frasa NKRI memiliki makna filosofis sebagai simbol kedaulatan RI,” kata Agus seperti dikutip Kantor Berita Antara. Peluncuran dan peredaran 11 uang baru NKRI pada hari Senin juga bertepatan dengan Hari Bela Negara.

Makna kedua, kata Agus, adalah penggunaan uang rupiah NKRI sebagai satu-satunya mata uang alat pembayaran di wilayah Indonesia. “Penggunaan mata uang asing tidak sejalan dengan semangat nasionalisme. Pelanggaran itu dapat dipidanakan dan kena sanksi, kecuali untuk transaksi yang diperbolehkan Undang-Undang,” kata dia.

Makna ketiga adalah tanggung jawab Bank Indonesia sebagai otoritas yang menerbitkan dan mengedarkan uang rupiah, agar uang rupiah selalu tersedia dan mencukupi kebutuhan transaksi maksyarakat Indonesia.

Makna keempat, lanjut Agus, adalah uang rupiah harus dijaga dan dirawat oleh masyarakat Indonesia dengan baik, karena uang rupiah merupakan simbol kedaulatan negara. “Masyarakat perlu meninggalkan kebiasaan kurang baik seperti membasahi, mencorat-coret, mensteples, dan melipat-lipat,” kata Agus.

Terakhir, makna kelima adalah terdapatnya gambar pahlawan, yang disertai ciri khas kebudayaan berbagai daerah di Indonesia. “Pada uang rupiah ada gambar seperti tarian daerah, keindahan alam, gambar pahlawan. Gambar pahlawan adalah bentuk penghormatan kepada pahlawan kusuma bangsa,” ujarnya.

Loading…

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*