Sadis! 4 Petani Tiongkok Tanam Cabai Berbakteri di Kabupaten Bogor

Petani Tiongkok – Empat WNA asal Tiongkok diamankan petugas karena diduga menanam tanaman cabai dan sengaja membawa bakteri ini ke Indonesia. Mereka di antaranya pria berinisial C, Q, B, dan H. Petugas masih terus mendalami motif sesungguhnya dari empat warga negara Tiongkok yang berladang di Bogor. Mereka menanam cabai secara ilegal di Kabupaten Bogor.

Kepala Pusat Karantina Tumbuhan dan Keamanan Hayati Nabati, Antarjo Dikin mengatakan, cabai yang ditanam itu dibawa dari Tiongkok tanpa melalui proses sertifikasi.

Berdasarkan hasil penelitian Balai Karantina Tanaman, diketahui dari 5.000 batang pohon cabai tersebut, seluruhnya positif mengandung bakteri erwinia chrysanthemi.

Bakteri itu dikategorikan sebagai organisme pengganggu tumbuhan karantina (OPTK) golongan A1 dan belum pernah ada di Indonesia.

“Motifnya masih diselidiki, entah mereka sengaja untuk menggoyang pemerintah melalui stok cabai karena harga cabai yang lagi mahal sekarang atau ada tujuan lain, masih kami cari tahu,” ujar Antarjo saat ditemui di Instalasi Karantina Hewan Kantor Balai Besar Karantina Kamis (8/12).

Lebih jauh Antarjo menuturkan resiko buruk yang dapat terjadi apabila bakteri tersebut dibiarkan bisa menyerang tanaman sejenis. Seperti cabai, bawang, sampai kentang.

“Bakteri ini diperkirakan bisa menimbulkan kerusakan atau kegagalan produksi hingga 70 persen dari total tanaman di suatu tempat,” pungkasnya.

Bahkan potensi kerugian ekonomi mencapai Rp 45 trilun jika bakteri ini dibiarkan merusak tanaman-tanaman di Indonesia.

Bakteri jahat ini jika berkembang biak juga akan mematikan usaha para petani Indonesia.

“Para pelaku menyewa lahan sawah di Bogor sejak 15 November 2016. Petugas Imigrasi Bogor curiga dan melakukan pemeriksaan secara mendalam terhadap para tersangka,” katanya.

Keempat WNA asal Tionkok itu kini tengah dalam pemeriksaan lebih lanjut oleh pihak Imigrasi Bogor. Sedangkan semua barang bukti dimusnahkan di Instalasi Karantina Hewan Kantor Balai Besar Karantina Pertanian Soekarno-Hatta pada hari ini.

Baca Juga

Miris Melihat Kondisi Gadis Tiongkok Dikurung 6 Tahun di Gudang

17 Resep Rahasia dari Tiongkok Kuno Agar Dapat Hidup Sehat Sampai Tua

Kisah Wanita Yang Jual Keperawanannya Demi Selamatkan Nyawa Ibu Kandung

Loading…

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*