Tips Membuat Tangga Kayu Rumah Minimalis - Infotainment News Online Terkini

JagatTips

Tips Membuat Tangga Kayu Rumah Minimalis

on

Banyak orang yang melakukan renovasi rumah dijual di depok milik sendiri. Mulai dari ruangan seperti kamar tidur, ruang tamu, ruang keluarga, teras, dapur hingga bagian rumah seperti genteng dan juga dinding rumah. namun, tidak banyak orang yang percaya diri untuk membuat tangga.

Memang, membuat tangga bukanlah pekerjaan yang mudah. Diperlukan keahlian dan ketelitian khusus untuk membuatnya. Sehingga banyak orang yang tidak mau repot-repot untuk membuat tangga. Karena jika salah, bisa jadi nantinya tangga akan menjadi sumber masalah.

Namun, ada pula orang yang ingin membuat tangga sendiri di rumah. Tangga yang dibuat di rumah bisa berupa tangga sederhana yang terbuat dari kayu sehingga mudah untuk dibentuk dan kuat juga untuk digunakan.

Paling tidak, anak tangga haruslah dibuat selebar 122 sentimeter. Hal ini agar nanti, penghuni rumah akan dapat dengan nyaman menggunakan tangga. Tangga tidak terlalu lebar sehingga tidak terlalu capek ketika menaikinya. Namun tidak juga terlalu sempit sehingga nyaman untuk digunakan.

Selain itu, tangga juga tidak boleh dibuat terlalu tinggi atau rendah. jika terlalu tinggi, akan tidak nyaman untuk menaikinya dan dapat membuat tersandung. Sementara jika terlalu pendek, maka anak tangga akan menjadi lebih banyak, sehingga akan membutuhkan tenaga ekstra untuk menaikinya.

Berikut adalah tips membuat tangga dari kayu.

Hitung Anak Tangga

Cobalah untuk menghitung tinggi yang diperlukan lalu, hitunglah berapa anak tangga yang diperlukan. Misalnya, jika tinggi yang diperlukan adalah 3 meter, maka tinggi yang pas untuk anak tangga adalah 20 sentimeter. Sehingga Anda akan membutuhkan sebanyak 15 anak tangga.

Potong Lintasan

Pilih kayu berkualitas baik dengan tinggi yang tepat. Tinggi di sini adalah tinggi ukuran kayu jika dimiringkan ke ketinggian ruangan. kemiringan juga harus diperhatikan, standarnya adalah 45 derajat.

Buatlah garis pada dasar kayu dengan bentuk menyerupai anak tangga. Kemudian potong garis tersebut sehingga tercipta jalur tangga. Setelah selesai, Anda bisa memiringkannya, lalu mengecek kemiringan anak tangga dengan menggunakan waterpas.

Pasang Anak Tangga

Hal selanjutnya yang perlu dilakukan adalah memasang anak tangga. Pasang anak tangga pada fondasi anak tangga yang sudah dibuat. Lalu potong sesuai dengan lebar jalur kaki anak tangga tersebut. Gunakan paku dan juga baut agar tangga menjadi lebih kuat. Hal terakhir yang dilakukan adalah memberikan finishing agar tangga terlihat lebih cantik.