Kumpulan Foto dan Video Ramainya Demo 4 November - Infotainment News Online Terkini

JagatNews

Kumpulan Foto dan Video Ramainya Demo 4 November

on

Demo 4 November – Ratusan ribu massa yang tergabung dalam berbagai ormas Islam akan melakukan aksi demo secara besar-besaran pada Jumat 4 November 2016. Aksi demo 4 November ini menuntut Gubernur DKI Jakarta non-aktif Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok diadili lantaran diduga telah melakukan penistaan agama. Ahok dianggap telah menghina umat Islam berawal ketika dia mengutip Surah Al Maidah ayat 51 di Kepulauan Seribu.

pukul 09.00 WIB, ribuan peserta demo yang umumnya mengenakan pakaian putih sudah memadati beberapa titik, seperti Jalan Medan Merdeka Timur, Masjid Istiqlal, hingga Jalan Budi Kemuliaan.

Padahal demo direncanakan baru akan dimulai setelah salat Jumat nanti. Meski aksi belum dimulai, sejumlah peserta demo sudah mulai meneriakkan takbir dan keliling membawa spanduk.

Spanduk dengan berbagai tulisan seperti “#tangkapAhok”, dibawa lengkap dengan seragam putih yang mereka kenakan. Beberapa bahkan tampak membawa bendera Palestina.

Tak semua pendemo telah berkumpul di Istiqlal. Puluhan anggota berseragam FPI, misalnya, masih berada di sekitaran markas besar Front Pembela Islam (FPI) di Petamburan, Tanah Abang, Jakarta Pusat.

Tak jauh dari Markas FPI, bus-bus yang membawa pendemo dari Solo juga tampak parkir. Hal ini membuat situasi lalu lintas di sana tersendat.

Massa aksi demo melaksanakan ibadah shalat Jumat berjemaah di Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat, Jumat (4/11/2016). Massa membuat pelaksanaan shalat Jumat tak hanya dilakukan di dalam masjid.

Menurut pantauan Kompas.com, massa juga membuat barisan shalat di halaman Masjid Istiqlal hingga ke Jalan Banteng Barat dan Jalan Katedral yang berada di sisi timur Istiqlal. Mereka yang berada di luar Istiqlal menggunakan kardus, koran, hingga plastik sebagai alas untuk ibadah.

“Shalat Jumat-an di sini saja, wudhu pakai air mineral. Di dalam sudah penuh, tidak bisa masuk,” ujar salah satu demonstran di Jalan Katedral.

Polisi mulai menutup beberapa ruas jalan yang berbatasan langsung dengan Istiqlal karena digunakan untuk ibadah shalat Jumat.

Selain para demonstran, aparat Polri dan TNI yang berjaga juga turut melaksanakan ibadah shalat Jumat berjemaah. Mereka shalat di halaman Katedral.

Di twitter, tagar #AksiDamai411 menjadi trending topik.

demo4november demo4november1 demo4november2 demo4november3

Ada calon wakil bupati Bekasi, Ahmad Dhani, di tengah kerumunan pendemo yang berunjuk rasa di depan Istana Merdeka, Jumat (4/11/2016). Dhani tampak ikut shalat Jumat berjamaah bersama para pengunjuk rasa.

Sebelum shalat Jumat, Dhani tampak menyalami pendemo di sekelilingnya. Dia duduk dan bergabung dengan pendemo lain yang juga ingin melaksanakan shalat Jumat.

“Kita di sini untuk mendukung teman-teman di sini,” ujar Dhani.

Dhani mengenakan kemeja berwarna putih dan celana hitam.

 

Para pendemo diingatkan untuk membuang sampah pada tempatnya.

demo4november4

 

Selain foto, berikut ini video Demo 4 November.

Ada pula kejadian diusirnya wartawan metroTV, berikut cuplikan videonya.

 

Recommended for you