Heboh! Demo 4 November Ricuh, Video Mini Market Dijarah Ini Kumpulan Foto-Fotonya - Infotainment News Online Terkini

Headline News

Heboh! Demo 4 November Ricuh, Video Mini Market Dijarah Ini Kumpulan Foto-Fotonya

on

Demo 4 November Ricuh – Aksi Demo 4 November yang awalnya damai, kini berakhir ricuh tepatnya pukul 19.10 WIB. Mereka terus menyerang polisi bertameng yang membuat barikade. Sebagian massa ada yang menendang ada juga yang memukul tameng pakai bambu. Pasukan polisi yang diketahui dari satuan Brimob itu tetap diam dan tidak melakukan perlawanan.

Pukul 19.40 WIB, bentrokan antara massa pendemo dengan polisi terjadi lagi di depan Kantor Kementerian Pertahanan, Jl Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat.  Aksi kericuhan terus berlanjut, tampak api di sejumlah titik diduga kendaraan aparat keamanan. Polisi kian intens memberikan gas air mata agar massa membubarkan diri.

Sebelumnya, sekitar pukul 18.30 WIB sejumlah perwakilan massa yang ditemui Wapres JK menyampaikan hasil pertemuan kepada para demonstran.

“Presiden Jokowi tetap belum mau menerima kita. Yang kedua bapak wapres menawarkan dan menjamin agar kita semua memberikan waktu kepada Kapolri selama dua minggu,” kata perwakilan massa melalui pengeras suara.

Rupanya sebagian massa tidak puas. Massa kemudian meneriakkan perang, jihad, revolusi sembari mengarah ke Jl Medan Merdeka Barat.

Massa FPI langsung membentengi antara massa HMI dengan aparat. Terjadilah pelemparan botol air mineral dan batu bata dari massa berbendera HMI ke arah FPI.

Massa FPI meminta tenang, tapi masih ada pelemparan botol air mineral.

“Hoi tenang kita bersaudara,” pekik sejumlah anggota FPI.

Pukul 20.00 WIB, massa membakar dua truk Brimob dan apinya membumbung tinggi di depan Istana Merdeka. Polisi lalu meningkatkan keamanan, dengan menambah armada Pasukan Brimob di depan Istana.

Pukul 20.28 WIB seorang pria diduga seorang polisi terluka parah akibat dipukuli massa kemudian diamankan ke dalam Pos Pengamanan Utama di sekitar Istana Kepresidenan.

Kapolri Jederal Pol Tito Karnavian menginstruksikan anggota Polri untuk tidak menembakkan gas air mata.

“Saya Kapolri Jenderal Tito Karnavian. Saya minta anggota Polri untuk tidak mengeluarkan tembakan gas air mata,” kata Kapolri dengan pengeras suara dari rumah dinas Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo di Jl Medan Merdeka Barat, Jakarta.

Sebagian massa mulai tampak mundur sekitar pukul 20.30 WIB akibat tembakan gas air mata dab air dari water canon.

Pukul 21.00 WIB, Menteri Koordinator Poltik, Hukum dan Keamanan Wiranto menemui sejumlah demonstran yang bertahan di depan Istana Kepresidenan. Wiranto meminta massa membubarkan diri.

“Sudah pulang ke rumah masing-masing. Jangan-jangan (berbuat kerusuhan). Kalian masih muda, cari kerjaan saja,” kata Wiranto kepada sejumlah demonstran di persimpangan Jl Medan Merdeka Utara dan Jl Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat

Menko Polhukam Wiranto sempat mencoba menembus kerumunan massa yang ricuh untuk menenangkan. Saat kembali dari kerumunan, baju Wiranto nampak berdarah.

Wiranto masuk ke Istana Merdeka, Jumat (4/11/2016) pukul 21.00 WIB. Di baju putih yang dikenakan Wiranto, nampak ada darah yang masih basah.

“Ini darah prajurit, mungkin yang dipukuli tadi. Saya rangkul, saya tenangkan tadi,” kata Wiranto. Darah itu berada di bahu kiri Wiranto.

Menko Polhukam sempat berusaha menembus kerumunan massa untuk menemui Habir Rizieq. Namun, upaya Wiranto gagal karena terkena gas air mata.

Pukul 21.30 WIB, beredar kabar terjadi sweeping di sekitar Jalan Gedong Panjang, Apartemen Mitra Bahari oleh massa pedemo. Informasi ini disebar dalam bentuk video oleh akun @Johanes_Chandra.

Berdasarkan pantauan CNNIndonesia.com beredar kabar massa menuju depan perumahan Gubernur DKI Jakarta petahana Basuki Tjahaja Purnama di Pantai Mutiara, Jakarta Utara.

Pukul 21.55 WIB, aksi pelemparan batu oleh massa ke arah petugas penjaga di Penjaringan, Jakarta Utara.

Laporan wartawan CNN Indonesia, Fitria Sungkar menyebut ada 3 minimarket yang dirusak. Selain itu, 1 toko usaha penjualan bunga dirusak.

Pantauan CNN di lokasi menunjukkan pengamanan diperketat di lokasi yang berdekatan dengan Halte bus TransJakarta Pakin, Jl Gedong Panjang, Penjaringan, sekitar pukul 21.30 WIB, Jumat (4/11/2016).

Personel keamanan gabungan TNI dan Polri melakukan penjagaan ketat di sepanjang jalan. Tampak personel polisi bermotor juga bersiaga. Sedangkan sisa-sisa material terbakar coba dipadamkan.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Awi Setiyono membenarkan penjarahan yang di lakukan oleh massa.

“1 Alfamart dijarah massa dari Kampung Luar Batang,” kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Awi Setiyono saat dikonfirmasi, Jumat (4/11).

Namun demikian, Awi memastikan, amukan massa sudah bisa dikendalikan oleh aparat yang sedang berjaga. “Situasi bisa dikendalikan,” imbuhnya.

Baca Juga

Kumpulan Foto dan Video Ramainya Demo 4 November

Recommended for you