Faktor-Faktor Penyebab Ibu Alami Depresi Pasca Melahirkan

Emosi yang naik turun sangat wajar dialami oleh ibu yang sedang hamil ataupun setelah melahirkan. Hal ini biasanya terjadi dengan jarak waktu antara dua minggu dalam mengalami emosi yang kurang stabil. Ada beberapa faktor yang menyebabkan ibu bisa menjadi depresi setelah melahirkan, pastinya dengan mengetahui berbagai faktor ini akan membuat anda bisa mengatasi hal ini dengan baik.

faktor-faktor-penyebab-ibu-alami-depresi-pasca-melahirkan

Berikut Faktor Penyebab Depresi Setelah Melahirkan

Masalah Psikologi
Faktor pertama yang bisa saja menjadi factor penyebab ibu mengalami depresi setelah melahirkan adalah ibu sudah mengalami masalah pada saat sebelum persalinan. Masalah keluarga ataupun banyaknya pikiran yang diadapi oleh ibu bisa menjadi factor utama yang menyebabkan ibu menjadi stress dan akan berkelanjutan setelah ibu melahirkan.

Oleh karena itulah, pada saat ibu sudah akan melahirkan emosi dan kondisi hati dari ibu sangat penting untuk dijaga. Jika ibu sudah terlalu sensitive tentu akan membuat hormone penyebab depresi menjadi semakin naik dan akhirnya ibu akan mengalami depresi pasca melahirkan.

Sensitif
Ibu yang sensitive sudah pasti akan sangat mudah untuk terserang depresi. Ditambah lagi dengan adanya riwayat stress pribadi yang tinggi dimana juga akan sangat berpengaruh dengan kondisi ibu pasca melahirkan. Ibu yang sensitive pasti akan merasakan stress dan rasa was-was yang luar biasa dimana bisa sangat berpengaruh dengan kondisi ibu pasca melahirkan.

Tekanan
Rasa takut untuk melahirkan ditambah dengan berbagai omongan yang didapat baik dari tetangga, suami, orangtua juga bisa menjadi penyebab ibu mengalami depresi setelah melahirkan. Berbagai kritikan yang datang akan menjadi tekanan dimana sudah pasti akan sangat berpengaruh dengan kondisi dan juga psikologi dari ibu. Sehingga, ada baiknya untuk keluarga menjaga kondisi ibu hamil.

Kondisi Anak
Hal lain yang juga menjadi factor penyebab ibu mengalami depresi adalah kondisi anak yang lahir tidak sesuai dengan apa yang diharapkan. Misalnya saja karena ibu yang lahir dalam kondisi yang kurang sempurna atau kondisi yang komples membuat ibu akan mengalami tekanan yang luar biasa.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*