Kesalahan Dalam Mengecas Ponsel yang Harus Anda Hindari

Untuk membuat ponsel bisa digunakan agar tetap awet dan bisa digunakan dalam jangka waktu yang lama anda harus memperhatikan tentang cara penggunaan charger atau cas pada ponsel anda. Anda harus menggunakan dengan cara yang benar dan menghindari penggunaan yang kurang sesuai untuk membuat ponsel tidak mudah rusak dan charger juga bisa digunakan dalam jangka waktu yang lama.

kesalahan-dalam-mengecas-ponsel-yang-harus-anda-hindari

Berikut Kesalahan Dalam Mengecas Ponsel

Menggunakan Charger Tiruan
Penggunaan charger yang bukan charger asli juga bisa menjadi salah satu penyebab kerusakan baik itu untuk ponsel ataupun untuk baterai sendiri. Charger tiruan akan kurang aman untuk digunakan dan bahkan bisa membuat ponsel menjadi rusak. Banyak juga kasus dimana ponsel bisa meledak hanya dikarenakan charger yang digunakan adalah charger tiruan dan bukan yang asli.

Menggunakan ponsel Saat dicas
Saat pada cas memang banyak yang mengatakan jika lebih baik tidak menggunakan ponsel bersamaan dengan saat di cas tidak dianjurkan. Tentu saja boleh menggunakan ponsel sembari di cas namun yang perlu dilakukan jangan menggunakan aplikasi yang terlalu banyak dan membuka seluruh aplikasi didalamnya. Hal ini akan membuat waktu mengecas terlalu lama dan membuat baterai menjadi semakin panas.

Mengecas ponsel dari 0% sampai 100%
Waktu mengecas ponsel yang sering salah diartikan adalah mengecas ponsel dari ukuran 0% hingga menghasilkan baterai dengan ukuran 100%. Saat ini dengan penggunaan baterai dengan jenis Li-on pengisian dianjurkan dengan kondisi baterai antara 40% hingga 80%. Jika pengisian mencapai 100% ataupun dibawah 20% bisa menyebabkan usia baterai yang akan semakin berkurang dan memperpendek umur baterai.

Mengecas Ponsel di Suhu yang Ekstrem
Baterai dengan jenis Li-ion memang sangat tidak baik untuk digunakan dalam kondisi suhu yang terlalu dingin ataupun terlalu panas. Baterai jenis ini akan sangat baik jika disesuaikan dengan penggunaan baterai dengan suhu kamar. Apalagi saat mengecasnya ada baiknya untuk mengecas ditempat yang tepat dan suhu kamar untuk membuat baterai lebih awet. Hal ini sering menjadi hal yang kurang diperhatikan sehingga membuat baterai mudah rusak atau mati.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*