Vitamin Penting Untuk Kesehatan Ibu Hamil

Menjaga kesehatan janin bagi ibu hamil tentu menjadi salah satu hal yang sangat penting untuk diperhatikan. Mengkonsumsi nutrisi dan vitamin yang tepat menjadi salah satu cara untuk membuat bayi dan juga ibu dalam kondisi yang tetap sehat. Apalagi ditambah dengan kondisi ibu hamil, kebutuhan akan asupan vitamin juga meningkat sehingga ibu harus rutin untuk mengonsumsi beragam vitamin yang penting bagi ibu hamil.

vitamin-penting-untuk-kesehatan-ibu-hamil

Berikut Vitamin Penting Ibu Hamil

Vitamin D
Vitamin D adalah salah satu vitamin yang membantu untuk menjaga dan meningatkan tumbuh kembang janin. Vitamin D ini memiliki fungsi untuk menjaga janin tetap sehat dan terhindar dari resikop penyakit tulang seperti rakhitis. Bagi ibu, vitamin D ini berguna untuk menjaga kesehatan tulang dan juga gigi supaya tetap sehat pada masa kehamilan. Makanan yang mengandung vitamin ini antara lain seperti telur, daging dan juga minyak ikan.

Zat Besi
Zat besi sangat dibutuhkan oleh ibu hamil untuk mengurangi resiko anemia yang bisa menyerang ibu hamil kapan saja. Kekurangan anemia bisa saja membahayakan bagi ibu dan janin karena bisa membuat ibu merasa cepat lelah sehingga tubuh tak lagi fit. Zat besi ini sebaiknya dikonsumsi pada saat kehamilan mulai memasuki usia hingga 20 minggu. Makanan yang mengandung zat besi seperti bayam, kacang-kacangan, daging dan lainnya.

Vitamin C
Vitamin yang juga sangat dibutuhkan oleh tubuh pada saat hamil adalah vitamin C. vitamin C berguna sebagai pelindung dimana mampu untuk melindungi organ dan juga jaringan tubuh. Vitamin C juga memiliki kandungan antioksidan yang lumayan tinggi dimana kandungan ini berguna untuk mengurangi resiko kanker. Buah-buahan seperti jeruk dan juga berries adalah dua buah yang mengandung vitamin C yang cukup tinggi untuk dipilih.

Kalsium
Kalsium adalah salah satu nutrisi yang membantu ibu untuk tetap sehat dan terhindar dari penyakit tulang seperti osteoporosis. Sementara bagi janin, kalsium ini akan berguna untuk membantu pembentukan tumbuh kembang tulang dan gigi. Makanan yang mengandung kalsium yang tinggi seperti ikan, susu dan makanan lainnya.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*