Tips Mudah Menghentikan Gemeletuk Gigi Saat Tidur

Suara gemelutuk gigi dikarenakan suara gigi yang saling menyatu antara satu dengan yang lain. Jika hal ini diterus-teruskan terjadi akan menyebabkan hal yang kurang baik untuk gigi. Gemeletuk gigi ini juga akan mempengaruhi posisi gigi dan bahkan bisa menyebabkan sakit kepala. Memang untuk masalah ini jika memang belum bisa berhenti dalam jangka waktu yang lama ada baiknya untuk mengkomunikasikan hal ini dengan dokter.

Tips Mudah Menghentikan Gemeletuk Gigi Saat Tidur

Berikut Cara Menghentikan Gemeletuk Gigi Saat Tidur

Kompres air hangat
Untuk lebih mendapatkan suasana yang rilex ada baiknya untuk mengompres terlebih dahulu pada bagian rahang. Bagian rahang bsa anda kompres dengan menggunakan air yang hangat dengan cara yang pelan-pelan. Lakukan selama dua hari sebelum tidur maka hal ini bisa sedikit mengurangi kebiasaan gemeletuk gigi pada saat anda tidur.

Makan permen karet
Mulai membiasakan diri untuk mengunyah permen karet juga bisa menjadi satu cara untuk mencegah atau bahkan bisa menghilangkan kebiasaan gemeletuk gigi pada saat tidur. Dengan mengkonsumsi permen karet ini akan berguna untuk membuat otot yang terdapat pada rahang lebih terlatih sehingga akan mengurangi beradunya gigi pada saat anda tidur.

Pijat Rahang
Rahang adalah bagian terpenting untuk mempengaruhi berlangsungnya gemeletuk gigi pada saat tidur. Melakukan pijatan sederhana pada bagian rahang akan membantu untuk sedikit melepaskan ketegangan yang ada pada bagian rahang. Lakukan pijat ringan sebelum tidur tentu akan membuat bagian rahang menjadi rileks dan bisa membuat gigi tak lagi berbunyi.

Baca Buku
Sebelum anda tidur, ada baiknya untuk membuka-buka buku cerita yang sudah anda siapkan. Dengan membaca berbagai cerita yang anda sukai juga bisa memberikan rasa rileks pada tubuh. Rasa rileks ini akan sangat berpengaruh untuk membuat anda tidak lagi mengalami gerakan gigi yang tentu akan sangat menganggu pada saat malam hari.

Konsumsi buah-buahan
Menggunakan aneka bahan atau jenis makanan untuk anda konsumsi juga bisa menjadi salah satu cara untuk mendapatkan tidur pulas tanpa ada gemeretak suara gigi. Mengkonsumsi buah-buahan dapat memberikan asupan kalsium, magnesium dan juga vitamin C dimana nutrisi ini berfungsi untuk memperkuat otot pada rahang dan tentunya akan membuat otot menjadi lebih sehat.

Hindari Minum & Merokok
Jika anda ingin mendapatkan kualitas tidur yang baik tanpa ada gangguan hal-hal buruk seperti berisiknya suara gemeletuk gigi yang mungkin bisa anda dengar. Segera kurangi berbagai hal yang mengandung alkohol dan juga kafein seperti alkohol dan rokok yang tentu tidak baik untuk kesehatan anda.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*