Bahaya Mengisi Ulang Setiap Hari Botol Minum

Dalam dunia kesehatan, tentu Anda seringkali mendengar bahwa setidaknya manusia harus mengkonsumsi air putih dalam sehari minimalnya adalah 8 gelas. Hal ini telah kita ketahui bersama dengan pasti, karena mengkonsumsi air putih akan sangat membantu dalam menjaga kesehatan maupun kecantikan kulit.

Bahaya Mengisi Ulang Setiap Hari Botol Minum

Meski begitu, konsumsi air putih secara berlebihan bukanlah hal yang baik untuk kesehatan. Segala sesuatu yang berlebihan atau kekurangan adalah tidak baik, yang baik adalah menyeimbangkan sesuatu sesuai dengan kebutuhan. Dalam hal ini, mengkonsumsi air putih setiap hari juga harus sesuai dengan kebutuhan tubuh.

Informasi yang baru mengenai air putih ini akan membuat Anda lebih berhati-hati, meskipun air putih memang sangat dibutuhkan untuk kesehatan manusia namun hal ini juga dipengaruhi oleh botol minum yang digunakan. Botol minum yang setiap harinya diisi dengan air putih, ternyata dapat membawa penyakit ke dalam tubuh.

Dilansir dari Marieclaire.co.uk, para peneliti yang telah melakukan uji coba pada botol minum yang digunakan selama seminggu. Pada penelitian tersebut ditemukan bahwa salah satu botol minum memiliki jumlah bakteri yang tinggi, yakni lebih dari 900 ribu bakteri/cm2. Gambaran sederhananya, jumlah bakteri tersebut dibandingkan dengan jumlah bakteri pada kursi toilet maka lebih banyak jumlah bakteri yang ada pada botol minum tersebut.

Penelitian tersebut menemukan bahwa jenis botol minum dengan tutup bergeser memiliki bakteri paling banyak, yakni berada pada jumlah 934 ribu/cm2. Sedangkan untuk jenis botol minum dengan tutup berputar kandungan bakterinya lebih sedikit, yakni 160 ribu/cm2. Untuk jenis botol minum yang paling aman adalah botol minum dengan menggunakan sedotan.

Sebenarnya, untuk mencari botol minum yang benar-benar aman dari bakteri adalah tidak ada. Setidaknya, dalam botol minum rata-rata ada sekitar 313 bakteri/cm2. Jumlah ini merupakan jumlah bakteri yang banyak dan dapat bersentuhan dengan mulut Anda. Bakteri yang terdapat dalam botol minuman tentunya berbeda dengan bakteri yang terdapat dalam botol yogurt.

Bakteri yang terdapat dalam botol minum yang digunakan sehari-hari dapat menimbulkan penyakir, untuk pencegahannya Anda dapat mencuci botol minum dengan air sabun dan air panas pada setiap habis penggunaannya. Jika merasa kurang sehat, sebaiknya lakukan pemerksaan atau bahkan mengganti botol air minum yang digunakan.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*