Akan Digusur, Kalijodo Jadi ‘Kota Hantu’ Ada Rumah Terbakar

Kalijodo – Pada Senin (29/2) Kaijodo akan digusur. persiapan untuk meratakan bangunan di bekas lokalisasi liar itu mulai terlihat di lapangan. Rencananya bangunan bekas tempat hiburan malam di Kalijodo akan dibongkar secara bersamaan besok. Untuk itu, Pemprov DKI sudah menyiapkan 10 unit kendaraan berat jenis backhoe (beko) untuk meratakan lokalisadi di Jakarta Utara sebelah barat itu.

Menurut Wali Kota Jakarta Utara, Rustam Effendi mengatakan, penertiban akan dimulai pada pukul 7.30 WIB. “Sudah disiapkan sepuluh beko untuk penertiban,” katanya saat dihubungi, Minggu (28/2).

Dia melanjutkan, penertiban akan berlangsung selama tiga hari. Selanjutnya ada tambahan empat hari lagi untuk membersihkan puing-puing bangunan.

Rustam menargetkan lokalisasi Kalijodo rata dengan tanah hingga Minggu (6/3) pekan depan. “‎Pembersihan dan pengangkutan puing-puing atau sampah sekitar satu minggu,” tandasnya.‎

Kalijodo ‘Kota Hantu’

Bangunan rumah dan kafe-kafe di kawasan Kalijodo, Jakarta Utara, sudah berantakan ditinggal penghuninya. Tak ada lagi tanda kehidupan maupun aktivitas hingar bingar, bahkan PLN sudah memadamkan listrik di kawasan tersebut hari ini.

Suasana sunyi, lembab, berantakan dan becek akan terasa jika kita melangkahkan kaki menuju gang-gang di Kalijodo. Memang sudah tak nampak lagi aktivitas warga, kafe-kafe yang ditinggalkan pun bak rumah hantu yang tak dihuni bertahun-tahun sebagaimana dilansir detik pada minggu (28/2).

Rumah Terbakar Diduga Ada Yang Sengaja Bakar Kayu

Malam ini, Di tengah suasana sunyi, senyap dan gelap di wilayah Kalijodo, Jakarta Utara, tiba-tiba ada api membumbung dari tengah permukiman. Kobaran api berasal dari belakang Gereja Bethel Indonesia.

pi muncul sekitar pukul 21.00 WIB. Kala itu, suasana sudah sangat sepi dan gelap karena PLN sudah memadamkan semua aliran listrik di wilayah Kalijodo.

Tiba-tiba ada asap membumbung tinggi dari tengah permukiman. Asap disusul dengan kobaran api warna merah.

Api diketahui berasal dari belakang Gereja Bethel Indonesia yang berada di RW 05, JL Kepanduan, Kalijodo.

(foto: detik.com)
(foto: detik.com)

Menurut Kepala Suku Dinas Pemadam Kebakaran Jakarta Utara, Satriadi, diduga ada yang dengan sengaja membakar kayu sehingga menyebabkan kebakaran.

“Kebakaran dikarenakan kayu yang berada di samping rumah dibakar oleh orang yang tidak dikenal sehingga api membesar dan menyambar rumah yang berada di sampingnya,” kata Satriadi saat dikonfirmasi detikcom, Minggu (28/2/2016).

Satriadi menambahkan, rumah yang terbakar berada di Jl Kepanduan, RT 003 RW 05, Penjaringan, Jakarta Utara. Rumah berukuran 5×7 meter tersebut diketahui milik Sidiq (38).

“Unit yang diluncurkan ada 14 unit, 8 dari barat dan 6 dari utara. Saat ini sudah padam,” jelas Satriadi.

Api berhasil dipadamkan pukul 21.30 WIB. Petugas yang bergerak cepat berhasil mencegah api merembet ke bangunan lain.

Kebakaran di rumah yang berada di tengah-tengah permukiman Kalijodo ini sempat menghebohkan warga. Bagaimana tidak, kebakaran terjadi saat kondisi Kalijodo sunyi, sepi dan gelap karena PLN sudah memutus arus listrik di kawasan tersebut.

Rumah Terbakar
(sumber foto: detik.com)

Berita Terkait

Kalijodo Digusur, Ini Pesan Daeng Azis

Heboh, Ini Pengakuan PSK Kalijodo Saat Layani Pria Hidung Belang

Begini Isi Buku Catatan Tarif PSK Kalijodo, Bisa 7 Jt-an Perhari

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*