10 Penyakit Penyebab Kematian Mendadak, Ini Cara Mencegahnya

Penyebab kematian mendadak pada manusia – Meninggalnya Mirna Salihin yang mendadak saat usai minum es kopi Vietnamens di Restoran Olivia, West Mall, Grand Indonesia, Tanah Abang, Jakarta Pusat memberi pelajaran untuk kita semua bawha tidak ada manusia yang mengetahui sampai kapan usianya.

Atas kejadian tersebut dilansir dari simomot, mengumpulkan info Penyebab kematian mendadak pada manusia.

Inilah 10 Penyakit Penyebab Kematian Mendadak

1.Kardiomiopati

Kardiomiopati adalah sebuah keadaan dimana otot jantung menjadi lebih tebal dan menyebabkan jantung mengalami kesulitan untuk memompa darah. Kelainan ini merupakan penyebab kematian mendadak yang paling umum pada individu  dengan usia dibawah 30 tahun.

2. Kelainan arteri koroner

Arteri koroner dapat saja mengalami hubungan yang tidak normal. Sehingga ketika beraktivitas berat seperti berolah raga, arteri akan terkompres dan tertutup. Hal ini dapat menyebabkan penurunan darah ke otot jantung. Selain itu, kelainan pembuluh arteri koroner yang dapat menyebabkan kematian mendadak adalah penyakit jantung koroner akibat plak atherosklerosis. Plak atherosklerosis adalah sumbatan pembuluh darah koroner oleh plak lemak. Jika plak lemak ini pecah, maka akan terjadi sumbatan pembuluh darah dan menyumbat aliran darah ke otot jantung. Hal ini dapat menyebabkan kematian mendadak.

3. Gangguan irama jantung

Menurut KlikDokter, jantung seharusnya memiliki irama yang teratur. Jika irama tidak terjadi secara teratur maka pemompaan darah menjadi tidak efektif. Salah satu kelainan irama yang umum ditemui pada kematian mendadak adalah long QT syndrome. Kelainan ini akan menyebabkan jantung berdetak secara berantakan dan menyebabkan seorang pingsan seketika. Kondisi ini merupakan keadaan yang mengancam nyawa dan membutuhkan penanganan yang serius.

4. Commotio cordis

Commotio cordis adalah penyebab kematian yang diakibatkan pukulan pada dada. Pukulan pada bagian dada oleh tangan atau benda lain dapat menyebabkan gangguan irama jantung. Pukulan dengan kekuatan dan pada waktu yang tepat dapat menyebabkan gangguan irama jantung bernama fibrilasi ventrikel. Kondisi ini jika tidak ditangani dengan cepat, dapat menyebabkan kematian.

5. Overdosis

Salah satu penyebab penting dari kematian mendadak yang dialami oleh manusia adalah overdosis alias kelebihan dosis akan obat-obatan tertentu. Biasanya overdosis dikaitkan dengan obat-obatan terlarang dan jenis narkoba. Namun bukan tidak mungkin, kelebihan dari dosis obat-obatan ini, jenis obat yang diizinkan secara medis dapat menyebabkan kematian secara mendadak.

Overdosis akan menyebabkan melemahnya kondisi tubuh dan menyebabkan kematian yang langsung beberapa saat setelah mengalami kondisi overdosis. Sudah banyak sekali kejadian kematian mendadak yang disebabkan oleh kondisi overdosis, dan kebanyakan overdosis terjadi karena konsumsi obat-obatan terlarang atau narkoba.

6. Stress dan depresi yang berlebihan

Jangan meremehkan stres dan beban pikiran yang dialami oleh seseorang. Kita tidak pernah tahu seberapa parah kondisi stess dan beban pikiran seseorang. Beberapa kasus tercatat bahwa penyebab kematian mendadak bisa saja disebabkan oleh kondisi mental yang tidak stabil, stress dan penuh dengan beban pikiran. Hal ini dapat berpengaruh pada dua hal, yaitu :

Psikosomatis, yaitu terjadinya suatu gangguan kesehatan dan organ tertentu yang diakibatkan oleh kondisi psikologis, seperti stress dan depresi.

Bunuh diri, hal yang dilakukan oleh orang yang mengalami stress akut ini, karena sudah tidak tahu lagi harus berbuat apa untuk memperbaiki hidupnya.

7. Pecahnya pembuluh darah

Menurut HaloSehat, penyebab lainnya dari kematian mendadak adalah pecahnya pembuluh darah. Pecah pembuluh darah dapat terjadi di mana saja, dan yang terparah apabila terjadi pada bagian otak dan pembuluh darah jantung. Hal ini akan menyebabkan kematian mendadak. Biasanya, pecahnya pembuluh darah dapat terjadi karena beberapa hal, antara lain : Kelainan pembuluh darah, tekanan udara yang berubah-ubah, hipertensi, stress dan depresi

8. Epilepsi

Penyakit epilepsi (ayan) merupakan salah satu jenis penyakit yang penyebab utamanya belum diketahui secara pasti. Namun ciri-ciri epilepsi dan gejala yang muncul dari penyakit ini adalah penderitanya akan mengalami kejang – kejang dan tidak dapat bergerak dalam beberapa waktu. Dalam kondisi yang cukup parah ketika kambuh, penyakit ini dapat menyebabkan kematian yang mendadak.

9. Trauma kepala

Berhati -hatilah dengan bagian kepala Anda, karena banyak kematian mendadak disebabkan oleh kondisi trauma yang dialami kepala. Hal ini biasanya dapat terjadi karena adanya faktor kecelakaan, seperti terjatuh atau dipukul dengan benda keras. Dengan adanya trauma pada kepala, maka kemungkinan akan terjadi kondisi pecah pembuluh darah pada bagian kepala, atau bahkan pada bagian otak, yang dapat menyebabkan kematian mendadak.

10. Kecelakaan

Faktor kecelakaan juga merupakan salah satu penyebab kematian mendadak. Kecelakaan merupakan salah satu kejadian yang tidak bisa kita ramalkan, sehingga menjadi salah satu penyebab kematian mendadak pada manusia. Meskipun tidak semua kecelakaan dapat menyebabkan kematian mendadak. Hanya beberapa kecelakaan, terutama yang mengakibatkan pendarahan hebat dan juga trauma pada bagian tubuh tertentu yang akan menyebabakan kematian mendadak.

Lantas bagaimana cara mencegah penyebab kematian mendadak ?

Untuk mencegah penyebab kematian mendadak , ada banyak hal yang perlu anda perhatikan, antara lain :

  1. Konsumsi makanan-makanan yang bergizi tinggi dan sehat
  2. Budayakan gaya hidup sehat
  3. Selalu berkonsultasi ke dokter atau paramedic ketika merasakan gejala-gejala tubuh yang tidak biasa
  4. Sebisa mungkin hindari kondisi stress dan depresi
  5. Berhati-hatilah agar tidak mengalami kecelakaan yang dapat menyebabkan kematian mendadak

Penyebab kematian mendadak kadang sulit untuk dideteksi. Anda harus waspada jika Anda memiliki keluhan seperti perasaan pusing, atau ingin pingsan saat berolah raga. Selain itu, jika Anda memiliki anggota keluarga dengan riwayat kematian mendadak, Anda dapat memeriksakan diri ke dokter untuk pemeriksaan secara menyeluruh.

Itulah artikel yang mengulas Penyebab kematian mendadak pada manusia, selain mengenal 10 Penyakit Penyebab Kematian Mendadak Anda juga dapat cara mencegah penyebab kematian mendadak. Semoga bisa menjadi referensi Anda agar tetap Hidup sehat.

Loading…

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*