Ayo PNS Lakukan Daftar e-PUPNS Dari Sekarang , 4,2 Juta PNS Sukses Daftar e-PUPNS - Infotainment News Online Terkini

JagatNews

Ayo PNS Lakukan Daftar e-PUPNS Dari Sekarang , 4,2 Juta PNS Sukses Daftar e-PUPNS

on

Sapujagat.com – Badan Kepegawaian Negara (BKN) meminta para PNS segera mendaftarkan diri lewat sistem e-PUPNS.

Yang belum daftar buruan daftar, karena lebih cepat daftar lebih cepat juga datanya diverifikasi validasi,” kata Karo ?Humas BKN Tumpak Hutabarat kepada JPNN, Kamis (29/10/2015).

Menurutnya, ada sebagian PNS yang keliru, sengaja mengulur waktu pendaftaran karena mengira ada perpanjangan waktu. Padahal, sampai saat ini BKN tetap pada jadwal awal yaitu 31 Desember.

“Belum ada perubahan waktu untuk batas akhir pendaftaran, masih tetap 31 Desember,” ujarnya.

Tenggat 31 Desember itu kata dia, bukan berarti PNS baru mendaftar pada tanggal tersebut. Sebab, pada 31 Desember itu proses akhir pemeriksaan data PNS. Saat ini, BKN tengah melakukan pemeriksaan data PNS yang sudah masuk e-PUPNS.

Sebanyak 4,2 juta PNS sukses mendaftar di e-PUPNS. Itu berarti tinggal tiga jutaan PNS yang belum masuk data base Badan Kepegawaian Negara (BKN).

Data BKN per 28 Oktober‎ 2015 menyebutkan, dari total PNS pusat dan daerah sebanyak 4.558.698, yang sudah terdaftar 4.225.244 orang. Selebihnya belum melakukan register di e-PUPNS.‎

“Sudah 98 persen PNS yang masuk data base. Kami berharap ‎tiga jutaan PNS yang belum teregister, secepatnya melakukan pendaftaran sebelum batas akhir 31 Desember 2015,” ucap Kepala Biro Humas BKN Tumpak Hutabarat kepada JPNN, Kamis (29/10).

Dia menyebutkan, PNS tidak boleh memandang remeh e-PUPNS. Lantaran, data tersebut akan digunakan untuk kebutuhan PNS itu sendiri.

“Yang tidak terdaftar akan rugi sendiri. Mau urus kenaikan pangkat, gaji serta hak-hak lainnya akan terhambat. Bahkan status PNS-nya bisa dipertanyakan. Sebab, banyak PNS yang ternyata fiktif,” tuturnya.

Lantas bagaimana Cara Daftar (Registrasi) PUPNS BKN Via ePUPNS ?

Bagaimana cara registrasi e-PUPNS? Apa saja syarat dokumen yang bakal di upload di website resmi BKN? Apa tujuan dari pemutakhiran data oleh BKN? Apakah PNS dan CPNS diwajibkan untuk melakukan registrasi sistem pendataan ulang secara online?

PUPNS (Pendataan Ulang Pegawai Negeri Sipil) akan dilakukan secara elektronik mulai Selasa, 1 September 2015 mendatang. Cara registrasi e-PUPNS untuk melakukan upgrade data PNS tergolong mudah, hanya dengan mengakses halaman Disini

https://epupns.bkn.go.id/menu

Pendataan ulang Pegawai Negeri Sipil (PNS) nasional merupakan kegiatan pemutakhiran data PNS yang dilakukan secara online dan dilaksanakan sejak bulan Juli dan berakhir pada Desember 2015. Tujuan dari program PUPNS ini adalah untuk penentuan kebijakan. Sehingga PNS yang mengikuti proses seleksi jabatan bisa dipastikan kevalidan datanya.

Pendataan Ulang PNS

Formulir e-PUPN berisi detail data utama PNS, posisi dan riwayat. Di samping itu terdapat data untuk PNS guru (yang hanya diisi oleh PNS profesi guru), PNS dokter (hanya diisi oleh PNS profesi dokter), stakeholders yang di antaranya memuat Bapertarum (Badan Pertimbangan Tabungan Perumahan), BPJS Kesehatan, dan Kartu Pegawai elektronik (KPE).

Dasar hukum yang digunakan untuk e-PUPNS tertuang dalam Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara dan Peraturan Kepala Badan Kepegawaian Negara Nomor 19 Tahun 2015 Tanggal 22 Mei 2015, Tentang Pedoman Pelaksanaan Pendataan Ulang Pegawai Negeri Sipil Secara Elektronik Tahun 2015 (e-PUPNS 2015), bagi yang ingin download pedoman PUPNS dalam bentuk file .psf, silahkan klik download,

Pedoman ePUPNS

Lantas, bagaimana caranya untuk dapat mengikuti PUPNS 2015? Nah bagi yang akan melakukan registrasi PUPNS 2015 dapat dilakukan dengan menggunakan web browser pada smartphone, tablet, komputer ataupun laptop, dengan tahapan sebagai berikut:

Alur Proses ePUPNS

  • Registrasi

Klik tombol Register pada portal PUPNS, kemudian klik tombol Daftar dan lengkapi isian pendaftaran. Cetak Nomor bukti pendaftaran (registrasi)

  • Cek Status Daftar

Cek status persetujuan pendaftaran dari Biro/Badan Kepegawaian masing-masing instansi dengan klik tombol Cek Status

  • Login ke sistem PUPNS

Login (klik tombol Masuk) kedalam sistem PUPNS jika pendaftaran sudah disetujui, gunakan nomor registrasi dari sistem dan kata kunci (password) yang telah dibuat pada waktu proses pendaftaran.

  • Cek Data Anda

Centang data yang telah sesuai dan perbaiki data yang belum sesuai, serta lengkapi data riwayat. Klik tombol Simpan untuk menyimpan data. Pastikan data sudah di cek seluruhnya, jika sudah yakin, cetak data dengan tombol Cetak, lalu kirim data secara elektronik untuk proses verifikasi dengan tombol Kirim.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai ePUPNS tahun 2015, silahkan hubungi contact person dibawah ini:

  • Biro/Badan/Bagian Kepegawaian Instansi
  • Kantor Regional Badan Kepegawaian Negara;
  • Biro Hubungan Masyarakat BKN Pusat : Telp:021-8093008 ext.1105, 021-80882815
  • Direktorat Pengolahan Data dan Informasi Kepegawaian, Kedeputian Bidang Sistem Informasi Kepegawaian BKN Pusat

Email: satgaspupns2015@gmail.com
Helpdesk PUPNS
Telp: 021-8093008 ext.4203, 4210

Recommended for you