Tak Main Main , Bila Mencontek Di China Akan Dipenjara Selama 7 Tahun

Jumlah kecurangan pada kalangan pelajar di China memang cukup mengkhawatirkan. Beberapa waktu lalu, kurang lebih 2000 peserta ujian lisensi famarasi pemerintah China terbukti melakukan praktek kecurangan tersebut.

Sementara itu, pada Oktober tahun lalu sejumlah perguruan tinggi ternama di Amerika Serikat juga menunda penerimaan pelajar baru dari China yang diduga terlibat praktek kotor tersebut.

Banyak cara yang dilakukan para pelajar tersebut seiring berkembangnya teknologi. Seperti kacamata khusus yang bisa mendeteksi jawaban  pada kertas ujian atau bahkan pulpen yang telah dilengkapi kamera tersembunyi di dalamnya.

Seperti dilaporkan Shanghaiist, pemerintah China telah menerbitkan aturan terkait tindakan curang saat ujian ini. Kabarnya, pelajar yang terlibat aksi mencontek ataupun sindikat kunci jawaban bisa diganjar hukuman penjara 3 tahun hingga 7 tahun. Bukan hanya itu, denda uang dalam jumlah yang tidak sedikit juga akan diberikan.

Aturan ini sendiri telah diterbitkan pada Selasa (27/10/2015) kemarin. Sementara itu, aturan tersebut akan mulai diterapkan pada 1 November mendatang.

“Pemerintah berharap hukuman berat itu bisa menggentarkan mereka yang tidak jujur mengikuti ujian di pelbagai bidang,” kata Guru Besar Hukum Universitas Polhukam China (CUPSL), Hong Daode, seperti dilansir Shanghaiist.

Loading…

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*