Suka Main Game di Laptop? Yuk Ikutin 5 Cara Meningkatkan Performa Laptop Dalam Bermain Game

Sapujagat.com – Apakah Sobat gemar main game di laptop atau bahkan di netbook? kalau iya, apakah laptop atau netbook Sobat masih baik-baik saja?

Memiliki laptop dengan kemampuan canggih dan mumpuni memang sudah menjadi impian banyak orang, apalagi jika laptopnya memiliki spesifikasi tinggi, tentunya akan sangat menyenangkan karena anda bisa leluasa menggunakan laptop untuk segala macam keperluan seperti bermain game. Tapi apakah anda selalu merawatnya secara baik? Suatu perangkat yang apabila tidak dirawat, bisa saja performa-nya semakin menurun.

Bagi anda yang ingin meningkatkan performa kinerja sebuah laptop lebih baik jika melalui segi software. Berikut tips bermanfaat yang bisa anda coba untuk semakin mengoptimalkan laptop untuk bermain game.

Berikut 5 Cara Meningkatkan Performa Laptop Dalam Bermain Game.

Install driver terbaru

cara Install driver terbaru

Ketika anda membeli laptop, pada kotak ataupun harddisk-nya pasti disertakan pula file driver yang berfungsi untuk menyelaraskan dan mengoptimalkan hadware dengan sistem operasi yang digunakan. Tentu saja, akan selalu ada update driver driver terbaru yang dikeluarkan vendor. Jika anda merasa sudah lama tidak meng-install driver, berarti sudah saatnya anda meng-install driver versi terbaru. Tujuan-nya untuk menjaga performa video card sehingga memiliki output lebih baik, game yang anda mainkan pun akan berjalan mulus tanpa terjadinya gangguan.

Periksa power options

Cara Periksa power options

Faktor ini sering dilupakan oleh pengguna laptop, bagi yang menggunakan PC sih tidak masalah dengan faktor seperti ini karena selalu terhubung dengan listrik sehingga tidak dihadapkan dengan masalah power management, sedangkan untuk laptop terkadang power management awal sering berubah akibat transmisi penggunaan listrik ataupun dari baterai.Jika anda berniat menjadikan laptop untuk bermain game, pastikan profile power yang terdapat pada power management berada pada settingan terbaik.

Overclock GPU

Overclock GPU

Laptop sangat sulit untuk meng-overclock GPU secara umum, namun sebenarnya anda masih bisa melakukan overclock hardware lainnya seperti GPU melalui paket software yang banyak disediakan vendor vendor besar seperti AMD ataupun Nvidia. Ada dua faktor yang harus anda perhatikan saat melakukan overclock yakni core clock yang menentukan kecepatan inti prosessor GPU dan memory clock yang menentukan kecepatan memory yang digunakan untuk buffer data video.

Kedua bagian overclock tersebut memiliki toleransi yang berbeda beda sehingga anda harus mencobanya sendiri untuk menemukan hasil paling maksimal. Cobalah untuk menaikkan clock pada angka 5 persen setiap percobaan yang anda lakukan hinga anda temukan performa terbaik.

Non-aktifkan program pada background

Non-aktifkan program pada background

Semakin banyak aplikasi yang berjalan pada background juga turut memberikan pengaruh yang besar terhadap sering lelet-nya game yang sedang anda mainkan. Penyebab nge-lag tersebut disebabkan karena aplikasi aplikasi tersebut juga berjalan bersamaan dengan game. Sehingga menganggu gameplay dan memakan kapasitas RAM.

Langkah yang harus anda lakukan adalah mematikan aplikasi yang tidak digunakan, dengan cara mengakses system tray di bagian kanan bawah monitor. Jika upaya ini belum memberikan dampak yang signifikan maka anda bisa mencoba menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti Razer Game Booster.

Menurunkan detil tekstur & shade

Menurunkan detil tekstur & shade

Cara ini sering dilakukan oleh gamer yang ingin meningkatkan responsitivas dengan mengorbankan kualitas grafik. Cara ini dapat dilakukan dengan menurunkan resolusi dan detil tekstur dan bayangan. Hal ini wajar karena semakin baik kualitas grafis sebuah game, maka akan semakin besar penggunaan memory. Jadi ketika anda bermain game dengan kualitas grafis yang tinggi dan berjalan tersendat sendat maka bisa melakukan cara ini.

Demikianlah 5 langkah yang wajib anda coba supaya aktivitas bermain game dapat berjalan dengan maksimal. Dengan mengikuti semua saran diatas, rasakan perbedaannya saat bermain game dengan ukuran yang berat.

Loading…

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*