Kota Melayang Heboh Di China, Inidia Penyebabnya

Sapujagat.com – Pada akhir pekan lalu, ublik digemparkan oleh salah satu fenomena yang terjadi di Tiongkok, yaitu bayangan sebuah kota yang mengambang seperti berada di atas awan. Warga di kota Jiangxi dan Foshan melihat awan yang ada di langit mereka tampak membentuk sebuah rangkaian bangunan.

Bahkan, sekilas mirip sebuah kota melayang. Peristiwa ini terjadi pada akhir pekan lalu. Ada ribuan warga yag menjadi saksi atas penampakan ini. Sebagian orang meyakini ada kemungkinan kehidupan pararel seperti pada film Thor2: The Dark World.

Dari video kota melayang yang beredar di Internet, bayangan kota itu terlihat lengkap dengan gedung-gedung tinggi. Penampakan kota mengambang itu sempat terlihat selama beberapa menit, sebelumnya akhirnya menghilang tertutup awan.

Munculnya fenomena itu membuat banyak orang mengemukakan pendapat yang berbeda-beda. Mulai dari teori konspirasi, pesan dari alien hingga dunia paralel.

Para ilmuwan berpendapat, bahwa fenomena awan membentuk kota itu hanya fatamorgana biasa. Di samping itu, belum ditemukan laporan tentang datangnya alien atau UFO di sekitar kota tersebut yang mungkin menjadi pemicu dari munculnya kota melayang.

Fatamorgana terjadi setelah sinar matahari menyebabkan perbedaan suhu dan tekanan udara pada permukaan bumi dengan langit. Umumnya kejadian itu dipicu suhu di sekitar daratan lebih dingin dari suhu di langit. Dari situ kemudian sinar matahari akan dibelokkan atau berputar balik. Efeknya adalah sinar menimbulkan bayangan di langit yang tependar dari ben-benda di daratan.

Ilmuwan berkesimpulan, dalam penampakan gedung-gedung bertingkat di China tersebut muncul atas fenomena fatamorgana. Fenomena itu terjadi saat sinar matahari memanaskan atmosfer di atas tanah atau lautan yang akhirnya menciptakan gradien suhu. Cahaya yang melewati perbedaan itu dipantulkan sehingga membentuk bayangan tersebut.

 

Loading…

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*