Cara Memanfaatkan Minyak Zaitun Untuk Jerawat

Manfaat minyak zaitun untuk jerawat. Minyak zaitun biasa digunakan sebagai minyak urut yang dapat melembabkan kulit. Buah zaitun berasal dari kawasan Mediterania ini ternyata juga digunakan untuk aroma terapi, karena baunya yang wangi. Buah ini dapat tumbuh walaupun mendapat sinar matahari dengan intensitas tinggi, selain itu buah ini juga tumbuh di wilayah yang beriklim hangat seperti Asia Tengah dan Afrika. Minyak zaitun banyak sekali manfaatnya, selain untuk dijadikan minyak goreng serta aman diminum untuk kesehatan tubuh, minyak zaitun juga digunakan dalam produk kecantikan. Minyak zaitun mengandung vitamin E yang sangat baik untuk kesehatan kulit. Kandungan antioksidan pada minyak zaitun juga berfungsi untuk mencegah penuaan dini dan kanker.

Minyak zaitun memiliki jenis yang berbeda-beda, yaitu ada minyak zaitun dari ekstrak kedua (Virgin olive oil), minyak zaitun murni (Extra virgin olive oil), ekstrak pertama yang menggunakan pelarut kimia (Extract dan refined olive oil), percampuran antara Virgin dan Extra Virgin (Fino Olive Oil), ekstrak pertama kualitas rendah dengan proses pemurnian (Light dan ekstra light olive oil), melalui penyulingan namun tidak melalui proses pemerasan(Pure olive oil), dan melalui pemerasan kedua serta diekstrak secara kimia (Pomace).

Minyak zaitun ternyata juga mampu mengatasi jerawat serta bekas jerawat. Bagaimana cara memanfaatkan minyak zaitun untuk jerawat?. Berikut diantaranya :

  • Sebelum tidur, basuh atau bersihkan wajah Anda menggunakan air sampai bersih. Kemudian keringkan menggunakan kapas atau handuk. Setelah itu ambil minyak zaitun dan oleskan pada wajah hingga merata. Hindari penggunaan pada sekitar mata dan mulut, karena bagian ini bagian yang paling sensitif terhadap sesuatu. Lakukan cara ini setiap hari setiap malam sebelum tidur.

 

  • Selain cara memanfaatkan minyak zaitun untuk jerawat tersebut, Anda juga dapat memanaskan minyak zaitun sebelum digunakan untuk mengolesi wajah. Caranya, siapkan sendok dan tuangkan minyak zaitun ke dalamnya. Panaskan menggunakan lilin atau kompor dan tunggu hingga dingin, kemudian oleskan ke wajah atau bagian yang berjerawat secara merata. Lakukan kegiatan ini secara rutin agar jerawat cepat hilang.

 

 

  • Saat Anda akan menggunakan masker, sebaiknya tambahkan minyak zaitun ke dalamnya agar hasilnya lebih optimal dan jerawat serta bekas jerawat dapat teratasi. Anda cukup menyiapkan masker dan tuang sedikit minyak zaitun ke dalamnya kemudian diaduk hingga rata. Dan digunakan seperti masker pada biasanya. Cara ini akan membantu anda mendapatkan minyak zaitun untuk jerawat secara maksimal.

 

  • Anda juga dapat minyak zaitun untuk jerawat dengan membuat menjadi masker wajah alami. Cara membuatnya yaitu siapkan minyak zaitun dan sedikit garam, campur kedua bahan tersebut dan oleskan pada bagian wajah yang berjerawat sekitar 3 menit. Kemudian bilas wajah Anda menggunakan air hangat sampai bersih dan keringkan wajah menggunakan handuk. Lakukan cara ini secara rutin setiap hari agar jerawat pada wajah Anda lekas sembuh.

Minyak zaitun juga memiliki manfaat untuk menurunkan tekanan darah tinggi, menghilangkan ketombe pada rambut, menyembuhkan perut mulas, membuat rambut mengkilap, digunakan untuk pijat, menghilangkan kerutan pada wajah atau kulit, dan mencegah osteoporosis.

Selain menggunakan minyak zaitun untuk mengatasi jerawat, sebaiknya Anda juga harus tetap menghindari faktor-faktor yang dapat menyebabkan jerawat, seperti stres, kurang menjaga kebersihan wajah serta badan, makan-makanan yang banyak mengandung minyak dan lemak, dan sebagainya. Tingginya produksi minyak pada kulit juga dapat memicu timbulnya jerawat. Untuk itu bersihkan wajah minimal dua kali sehari agar bakteri tersebut tidak dapat berkembang biak. Semoga informasi minyak zaitun untuk jerawat di atas bisa menginspirasi cantik alami bagi anda semua.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*