Kisah Google Rekrut Programmer di Mesin Pencarian - Infotainment News Online Terkini

JagatDunia

Kisah Google Rekrut Programmer di Mesin Pencarian

on

Sapujagat.comJika Google melihat bahwa Anda sedang mencari istilah pemrograman tertentu, mereka akan meminta Anda untuk melamar pekerjaan. Seorang programmer bernama Max Rosett menceritakan pengalamannya direkrut Google. Sebagai raksasa mesin pencarian, Google memanfaatkan teknologi mesin pencariannya untuk mencari calon pegawai potensial.

Melalui blognya The Hustle, Max memaparkan bagaimana Google diam-diam punya aplikasi rahasia yang dibenamkannya di mesin pencarian. Nah, aplikasi inilah yang bertindak sebagai staf perekrutan. Bagaimana cara kerjanya?

“Suatu pagi, saat mengerjakan sebuah proyek, saya melakukan pencarian Google dengan keyword ‘python lambda function list comprehension.’ Tautan berwarna biru yang biasa ditemui di hasil pencarian pun muncul. Namun kemudian terjadi hal tidak biasa,” kisahnya seperti dilansir News Softpedia, Jumat (28/8/2015).

Seperti dalam cerita Harry Potter atau Alice in Wonderland, link tersebut ibarat mengantarkannya menuju pintu rahasia menuju sebuah dunia fantasi.

Halaman pencarian Google kemudian terbelah menjadi dua. Kemudian muncul pesan dengan nada menawarkan tantangan. “You’re speaking our language. Up for a challenge?,” demikian bunyi pesan tersebut.

2500x1600xgoogletest01.jpg.pagespeed.ic.x2dn51Y5aU

Di bawah pesan tersebut, muncul tiga pilihan jawaban. Pertama ‘I want to play’, kedua ‘No thanks’, dan terakhir ‘Don’t show me this again’. Karena penasaran, Max pun memilih mengklik jawaban pertama.

Max kemudian diarahkan ke halaman khusus. Pada halaman tersebut dijelaskan bahwa dalam dua pekan ke depan, dia diminta menyelesaikan enam masalah programming.

Untuk setiap tantangan, dia punya waktu dua hari untuk menyelesaikannya, lalu menguploadnya di halaman rahasia Google. Max pun dengan tekun mengerjakan setiap tugas.

Ketika semua tugas selesai dikerjakan, Max diminta memberikan kontak personal dan diberitahu bahwa perwakilan staf HRD Google ingin bertemu dengannya.

Singkat cerita, Max yang semula hanya iseng menerima tantangan saat melakukan pencarian di Google, akhirnya direkrut dan kini menjadi salah satu engineer baru di Google.

Pengalaman yang menarik. Setelah mendengar cerita ini bersiap saja jika Anda menemukan halaman ‘mencurigakan’ saat Googling. Bukan tidak mungkin, Anda salah satu yang dibidik untuk bergabung dengan Google.