Inilah Kumpulan Kisah Misteri Dibalik Indahnya Gunung Semeru

Inilah Kumpulan Kisah Misteri Dibalik Indahnya Gunung Semeru

Untuk diketahui, Gunung Semeru merupakan gunung yang tertinggi di Pulau Jawa. Dengan ketinggian 3.676 Mdpl, Gunung Semeru terhitung sebagai gunung yang masih tergolong aktif. Namun, siapa sangka, di balik keindahannya.

Tercatat satu pendaki meninggal, satu pendaki terluka, dan satu pendaki masih dinyatakan hilang di jalur pendakian Gunung Semeru. Pendaki yang meninggal diketahui bernama Dania Agustina Rahman, mahasiswi Universitas Pasundan (Unpas), Bandung, Jawa Barat. Sedangkan pendaki yang hilang bernama Daniel Seroja.

Gunung Semeru menyimpan berbagai mitos. Dan inilah 6 mitos di Gunung Semeru :

  • Kesurupan di Kelik
    Tidak sedikit kejadian pendaki kesurupan di Gunung Semeru. Banyak sekali laporan mengenai kesurupan yang terjadi di kawasan kelik. Selain itu dikawasan ini juga pernah terjadi kejadian pendaki yang jatuh, hilang, dan meninggal dunia.
  • Mbah Dipo
    Seperti Mbah Marijan yang kita kenal sebagai juru kunci Gunung Merapi, Mbah Dipo adalah juru kuncinya Gunung Semeru. Mbah Dipo bertempat tinggal di kawasan yang sangat rawan apabila terjadi letusan maha dahsyatnya. Diakui sebagian masyarakat bahwa hanya Mbah Dipo yang dapat menangkap tanda-tanda akan kejadian tersebut. Tapi kini Mbah Dipo sudah meninggal dunia. Andai saja nanti Gunung Semeru akan benar-benar meletus, ada satu pesan dari Mbah Dipo, yaitu : “Jangan pernah lari ke arah Desa Gunung Sawur tapi larilah menuju ke arah sungai.” Sampai saat ini tidak ada yang mengerti dari pesan Mbah Dipo tersebut, dan untung saja Semeru masih aman-aman saja sampai saat ini.
  • Arcopodo
    Merupakan sebuah misteri yang sangat terkenal di Gunung Semeru. Bagaimana tidak, selepas hutan belantara terdapat dataran yang luas dimana diyakini menyimpan misteri Arcopodo yang artinya arca kembar. Ini mengingatkan kita pada sebuah legenda Mahameru, yang mengisahkan ditempat tersebut dulunya ada arca kembar yang berdiri tegak. Pendiri arca kembar itu adalah prajurit dari Kerajaan Majapahit. Yang anehnya arca kembar tersebut tidak dapat dilihat oleh sembarang orang. Hanya orang tertentu saja yang dapat melihat keberadaannya. Lebih anehnya setiap orang yang melihat arca kembar tersebut tidak sama persepsinya mengenai wujudnya. Dalam sebuah kasus ada yang mengatakan bahwa ia melihat arca itu wujudnya sebesar anak kecil. Namun ada juga yang mengatakan wujud arca tersebut bisa nampak dari jarak jauh, yang artinya berwujud seperti raksasa. Mungkin bagi yang belum tahu, Arcopodo ini merupakan pos dataran terakhir sebelum menuju puncak Mahameru.
  • Tersesat
    Seperti kebiasaan, sebelum mendaki para pendaki diberikan wejangan untuk tidak berkata kotor, berperilaku aneh-aneh selama pendakian. Larangan paling umum di setiap pendakian adalah dilarang berkata kotor dan perilaku macam-macam seperti merusak lingkungan. Banyak kejadian pendaki yang melanggar aturan ini akan terjebak bahkan tersesat selama pendakian. So, buat kalian yang ingin mendaki Gunung Semeru janganlah merasa sombong dengan melanggar aturan yang ada. Konon ceritanya banyak orang meyakini Mahameru sebagai wilayah yang suci kediaman para dewa yang senantiasa menjaganya.
  • Hantu Wanita di Ranu Kumbolo
    Ranu Kumbolo merupakan sebuah danau yang menjadi tempat peristirahatan pendaki gunung semeru. Konon ceritanya, para pendaki yang sedang berkemah disini sering melihat sosok hantu wanita dari tengah danau. Kejadian penampakan hantu wanita ini sering terjadi saat bulan purnama tiba yang mereka yakini sebagai dewi penunggu ranu kumbolo. Gumpalan kabut tebal yang berputar-putar ditengah danau berubah menyerupai sosok wanita yang diyakini sebagai Ranu Kumbolo.
  • Ikan Mas di Ranu Kumbolo
    Selain terdapat penampakan sosok hantu wanita di Ranu Kumbolo, di kawasan ini juga terdapat ikan mas yang tidak diketahui asal usulnya. Para masyarakat disana menganggap ikan mas tersebut merupakan jelmaannya para dayang dewi penunggu danau Ranu Kumbolo. Terdapat larangan menangkap atau memancing ikan disini. Kalau dilanggar bersiaplah menerima hal-hal yang tidak diinginkan.

Itulah semua kumpulan cerita misteri yang ada di gunung semeru, semua kembali kepada diri anda masing – masing. Tuhan menciptakan dunia ini dengan semua isi dan misterinya. Namun, semua cerita misteri ini dikumpulkan dari para cerita pendaki yang telah mengalaminya langsung.

Loading…

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*