Siap Mudik ? Inilah Tips Cara Mengatasi Kelelahan Saat Mengemudikan Mobil

Siap Mudik  Inilah Tips Cara Mengatasi Kelelahan Saat Mengemudikan Mobil

Kelelahan lebih cepat dialami oleh pengemudi saat berkendara di antara pukul 12 malam hingga 6 pagi. Di waktu tersebut biasanya kondisi tubuh menunjukkan rasa mengantuk dan konsentrasi menurun. Kadang pengemudi pun bisa saja tertidur sembari mengemudi.

Seringkali kecelakaan lalu lintas muncul akibat pengendara mobil yang mengalami kelelahan. Terutama pasa saat melakukan mudik lebaran, perjalanan jauh yang mesti ditempuh akan menimbulkan efek ini pada pengemudi. Padahal, mengemudi dalam kondisi lelah meningkatkan risiko kecelakaan sampai 20 kali lipat dibanding pada saat seseorang bugar.

Tips Cara Mengatasi Kelelahan Saat Mengemudikan Mobil :

  • Nah, menurut pembalap Rifat Sungkar, kelelahan dipicu oleh tigal hal yaitu kurang tidur, pekerjaan yang menuntut sedikitnya waktu istirahat, dan badan kurang sehat. Oleh sebab itu ketiga hal tersebut sebaiknya dihindari jika akan melakukan perjalanan panjang. Dikutip dari laman Okezone, kelelahan ini solusi utamanya harus beristirahat.

 

  • Rifat mengatakan, untuk mengatasi kelelahan diperlukan tidur dalam kadar yang cukup. Jumlah waktu tidur yang ideal adalah 7,5 jam per hari untuk menurunkan kelalahan ini. Jika mengemudi dengan waktu tidur yang kurang, maka pengemudi harus memberikan perhatian ekstra terutama terkait kewaspadaan dan konsentrasi.

 

  • Di samping itu makanan juga memengaruhi tingkat kelelahan. Mengonsumsi makanan secara cukup tanpa berlebih akan membuat lebih bugar ketimbang makan dalam porsi banyak yang menimbulkan efek mengantuk.

Nah sudah dapat kan Tips Cara Mengatasi Kelelahan Saat Mengemudikan Mobil semoga bermanfaat yah dan hati-hati saat ingin bermudik semoga sampai ditujuan dengan selamat.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*