Singapura Ingin Jadi Negara Pintar, FB PM Singapura Pamer Keahlian Coding

Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong

 

Sapujagat.com – Kota pintar – yang dipenuhi dengan sensor dan teknologi yang terhubung untuk membantu memecahkan banyak masalah, mulai dari kemacetan hingga polusi – kini pelan-pelan menjadi kenyataan. Tapi, Singapura memiliki rencana yang lebih spektakuler lagi. Negara jiran ini hendak menjadi “bangsa pintar” pertama di dunia. Artinya, tiap inci dari negara patung Merlion ini akan terhubung untuk meningkatkan pelayanan pada masyarakat.

Baru-baru ini, FB PM Singapura mempamerkan keahlian coding untuk memenangkan permainan Sudoku. Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong pada dua pekan lalu menegaskan ambisinya untuk menjadi “Negara Pintar” pertama di dunia. Lewat aksi ini, sepertinya PM Singapura memantik warganya untuk belajar coding.

Pada sebuah kesempatan, Lee Hsien Loong melontarkan guyonan jika ia telah menemukan kode unik untuk memenangkan pemainan Sudoku. Pernyataan itu sempat menarik perhatian warga negeri tersebut dan ditanggapi oleh PM Lee dengan menunjukkan kode yang ia maksud di akun FB miliknya.

Koding-PM-Singapura-640x320

 

“Program komputer terakhir yang saya ciptakan adalah pemecah Sudoku, ditulis dalam kode C++ beberapa tahun lalu. Ini sumber kodenya, file .exe dan contoh lampirannya,” tulisnya di FB.

Putra sulung Lee Kuan Yew PM pertama Singapura ini memang pernah mengeyam pendidikan ilmu komputer. Kode tersebut tulisnya dibuat sangat sederhana dan berjalan pada sistem operasi DOS. Ia juga mengajukan trivia bagi mereka yang tertarik pada pemrograman.

“Anda hanya perlu mengetik data baris demi baris, maka hasilnya akan mencetak solusi, tahapan program mengambil solusi, dan beberapa statistik pencarian,” bunyi status di akun FB miliknya.

Status FB Lee mampu menyita 42 ribu lebi jempol dan lebih dari 14 ribu orang membagikan kembali unggahan itu ke timeline masing-masing.

Loading…

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*