Cara Budidaya dan Ternak Semut Jepang

cara-ternak-budidaya-semut-jepang

Sapujagat.com, Budidaya Semut Jepang makin ramai dan populer seiring dengan khasiat yang beraneka ragam dari untuk pengobatan Diabetes,Kolesterol,Asam Urat dan Jantung dan sudah terbukti dapat menyembuhkan dan mengurangi diabetes secara total.

di lihat dari segi fisik bentuknya lebih mirip kumbang dibanding dengan semut. Ciri dari semut jepang ini secara umum adalah memiliki tubuh berwarna hitam kecoklatan, berkaki enam dan tekstur tubuhnya cenderung keras. Hewan ini memiliki sayap yang mirip dengan kumbang. Namun semut jepang tidak dapat terbang seperti serangga bersayap lainya.Atau biasa disebut kutu beras yang larvanya dikenal dengan nama ulat hongkong.

Ada beberapa cara makan semut jepang diantaranya adalah diseduh dengan air atau dimasukkan kedalam kapsul.  Cara pertama ambil beberapa semut jepang taruh dalam gelas, kemudian masukkan air panas. Segera minum lagi hangat. Cara kedua ambil satu semut jepang masukkan ke dalam kapsul dan segera dikonsumsi. Untuk cara kedua, disarankan memasukkan semut ke dalam kapsul ketika malam hari sebelum dikonsumsi. Untuk beberapa kasus cara mengkonsumsinya sebagai berikut :
Cara mengkonsumsi Semut jepang untuk obat diabetes

Untuk mengobati diabetes disarankan untuk mengkonsumsi satu semut dua kali sehari sampai gula darah stabil.
Cara mengkonsumsi Semut jepang untuk obat asam urat
Untuk mengobati asam urat dua semut, dua kali sehari sampai asam urat sembuh.
Cara Budidaya dan Ternak Semut Jepang
Siapkan bibit Semut jepang, pilih semut yang berumur cukup matang dan masih produktif. Bibit semut jepang, lebih banyak tentunya akan lebih bagus karena dengan jumlah yg makin banyak maka otomatis perkembangbiakannya akan lebih cepat.
Siapkan media untuk ternak semut jepang, biasa saya menggunakan toples sebagai media untuk membudidayakan semut jepang ini.Toples yang baik adalah yang dari plastik untuk menghindari jika jatuh maka tidak akan pecah.Bentuk toples boleh sembarang saja misal toples krupuk,toples bekas sosis,toples kotak yang agak besar juga tidak apa-apa. Media tempat / atau wadah bisa juga menggunakan media plastik yang berbentuk lain. Sesuaikan jumlah semut dengan media yang ada karena media yang terlalu besar dengan jumlah semut yang terlalu sedikit akan menyebabkan semut susah berkembang biak. Mengapa? karena hal ini menjadikan semut jarang bertemu sehingga tidak terjadi perkawinan
Kapas yang di pilih sebaik nya : kapas yang bersih putih dan tidak padat Saya sendiri biasa memilih kapas yang murahan seharga Rp.1000 rupiah per plastik. Kapas type ini cukup lunak dan mudah di tata rapi.Ketinggian Kapas jangan lebih dari 4 cm.
Siapkan Ragi Tape sebagai makanan semut jepang.
Taruh dan peliharalah semut jepang di tempat yang bersuhu kering cenderung panas, yaitu ruangan dengan suhu 30 derajat celcius. Panas yang di maksud adalah panas gerah tetapi bukan merupakan panas langsung karena terkena sinar matahari ya… Sangat di hindarkan semut di simpan di ruangan lembab/sejuk/dingin, karena semut akan sulit berkembang biak dan bila terjadi embun di dalam toples maka semut akan mati. Sirkulasi udara di ruangan harus sehat
Masukkan semua bibit / indukan semut ke dalam toples / wadah / media yang telah disiapkan.
Setelah itu tunggu sampai beberapa bulan dan lihat terus perkembangannya.
Pengalaman saya, dari 10 ekor semut jepang dapat berkembang biak menjadi sekitar 200an ekor dalam 2 bulan. Perawatan selanjutnya anda cukup memberi makan  semut seminggu sekali degan tiga butir ragi tape. Kalau budidaya anda ingin cepat berkembang saya sarankan untuk membeli bibit semut jepang sekitar 200an ekor yang mana biasa dijual seharga 200 ribuan. Semut ini akan berkembang biak setelah tiga sampai empat minggu. Dan sebulan kemudian anak dari semut ini akan menjadi dewasa dan siap untuk dipanen dengan harga berkisar 2000 – 5000 per ekor, tergantung dari daerah tempat tinggal anda.

Loading…

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*