Papua Nugini Di Landa Gempa 7,7 SR Yang Kemungkinan Terjadi Tsunami

Papua Nugini Di Landa Gempa 7,7 SR Yang Kemungkinan Terjadi Tsunami

Pusat gempa menurut USGS, berada di dekat Kota Rabaul, timur laut Papua Nugini atau 54 kilometer dari kota Kokopo Panguna di Pulau New Britain, dengan kedalaman sekitar 65 kilometer.

Gempa bumi berkekuatan 7,7 Skala Richter (SR) mengguncang wilayah lepas pantai Papua Nugini, Senin (30/03/2015). Ada peringatan tsunami yang dikeluarkan Survei Geologi Amerika Serikat (USSGS).

Seorang karyawan di Rabaul Hotel, dekat Kokopo mengatakan, getaran tanah bisa dirasakan sekitar lima menit. Tetapi belum terlihat adanya kerusakan besar.

Pusat Peringatan Tsunami di Hawaii menyatakan, bahaya gelombang tsunami mungkin terjadi di pantai yang terletak di wilayah yang berjarak 1.000 Km dari pusat gempa. Selain itu, Kepulauan Solomon juga diperingatkan bahaya tsunami.

Ditambahkan, gelombang tsunami mungkin bisa mencapai ketinggian satu hingga tiga meter di beberapa pantai di Papua Nugini. Namun, diharapkan tidak memicu kerusakan.

”Orang yang terletak di wilayah pesisir terancam, dan harus waspada. Ikuti informasi dan instruksi dari pemerintah nasional dan pemerintah daerah,” bunyi pernyataan Pusat Peringatan Tsunami di Hawaii, sebagaimana dilansir Reuters.

Gelombang kurang dari 30 cm di atas permukaan air pasang diperkirakan terjadi di sejumlah lepas pantai di Australia, Jepang, Filipina, Kaledonia Baru, Northern Marianas, Guam, Palau, Yap, Pohnpei, Chuuk, Kosrae, Kepulauan Marshall, Fiji, Samoa, Kepulauan Cook, Tokelau, Vanuatu, Kiribati, Nauru, Pulau Wake, Johnston Island, Howland and Baker, Tonga, Tuvalu, Wallis and Futuna, Kepulauan Solomon, Indonesia dan sejumlah Kepulauan Hawaii.

“Mereka yang terletak di wilayah pesisir yang terancam diminta untuk tetap waspada dan ikuti terus informasi, serta mengikuti instruksi dari pemerintah pusat dan daerah,” kata Pusat Peringatan Tsunami Pacific seperti dikutip ABCNews.

Kota Rabaul adalah sebuah kota di timur New Britain Island. Di dekat kota itu terdapat Gunung Tavurvur, sebuah gunung berapi aktif. Kota Rabaul pernah hancur pada 1994 akibat terkena letusan gunung berapi itu.

Loading…

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*