Jakarta Earth Hour Kampanye Matikan Listrik Selama 1 Jam

Celebrating Earth Hour 2010, Canada

Sapujagat.com – Earth Hour adalah Kampanye ajakan untuk mematikan listrik selama 60 menit. Diadakan malam ini (27/3) suasana di sekitar Bundaran HI, Jakarta Pusat terlihat tak seperti biasanya yang penuh kelap-kelip lampu.

Sekitar pukul 20.30 WIB, gedung-gedung tinggi di kawasan Bundaran Hotel Indonesia (Bundaran HI) secara hampir bersamaan mematikan lampu. Pantauan detikcom, Sabtu (28/3/2015), beberapa gedung tampak gelap seketika. Gedung Hotel Indonesia dan Grand Indonesia terlihat gelap karena lampu mulai dipadamkan selama 1 jam ke depan.

Namun ada beberapa bagian gedung yang masih tampak terang. Selain itu, sejumlah gedung di sepanjang Jl MH Thamrin dan Jl Sudirman juga mematikan lampunya.

Situasi di Bundarah HI sendiri tampak tak terlalu ramai. Hanya ada komunitas foto yang mengadakan kontes dengan selfie menggunakan light stick.

Kampanye Earth Hour ini dilaksanakan di hari Sabtu agar tak mengganggu aktivitas perkantoran. Di Jakarta sendiri nantinya ada 8 titik lokasi perayaan Earth Hour.

Lokasi tersebut antara lain Gedung Balai Kota, Monumen Nasional (Monas), Bundaran Hotel Indonesia dan air mancurnya, air mancur Arjuna Wiwaha, Patung Pemuda, lampu di sepanjang Jalan Jenderal Sudirman-Jalan MH Thamrin, lampu di sepanjang Jalan Gatot Subroto-Jalan HR Rasuna Said serta lampu papan reklame milik Pemprov DKI Jakarta.

Pemprov juga mengimbau agar pengelola gedung di sepanjang Jalan MH Thamrin, Jalan Jenderal Sudirman, Jalan Gatot Subroto dan Jalan HR Rasuna Said bisa berpartisipasi dengan mengefisiensikan energi lampu.

Foto: Aditya/detikcom
Foto: Aditya/detikcom

Aktivitas Menarik yang Bisa Dilakukan Saat Earth Hour

Tidak ada cahaya lampu atau acara televisi mungkin akan membuat Anda maupun keluarga sedikit bosan. Tapi apa kegiatan menarik yang bisa dilakukan dalam waktu satu jam saja?

1. Keluar Rumah

Ajak keluarga atau teman keluar rumah untuk sekadar menikmati udara segar, atau memandangi benda-benda langit yang bertebaran indah di angkasa. Anda juga bisa membuat tenda sederhana atau pesta barbecue kecil-kecilan. Jika bersama anggota keluarga yang masih kecil, anak misalnya, permainan menarik bisa Anda lakukan.

Pindahkan meja ke halaman rumah dan taruh selimut di atasnya hingga membentuk seperti tenda. Duduklah bersama si kecil di kolong meja, nyalakan senter dan anggap saja seperti sedang berkemah. Jangan lupa pakaikan si kecil selimut atau jaket, serta lotion anti nyamuk. Selama 60 menit, Anda bisa bermain atau membacakan cerita.

2. Bermain Tebak Lagu

Permainan ini bisa dilakukan bersama orang dewasa maupun anak-anak. Main tebak lagu akan menjadi aktivitas yang cukup menyenangkan di kala listrik padam. Mainkan tebak lagu secara bergiliran, yang berhasil menebak akan mendapatkan poin dan poin yang terbanyak tentu jadi pemenang dan bisa meminta ‘hadiah’. Sementara peserta dengan poin terendah akan mendapat hukuman misalnya melakukan hal-hal konyol dan lucu, atau wajahnya diwarnai dengan make-up yang berantakan.

3. Pergi ke Pusat Kota

Jika takut bosan di rumah, Anda bisa pergi ke mal yang menyelenggarakan acara Earth Hour tersebut, ada datang ke pusat kota. Menyaksikan lampu-lampu dipadamkan secara serentak bisa menjadi pengalaman yang langka dan menyenangkan. Daerah Bundaran HI, Jakarta Pusat misalnya, biasanya menjadi spot utama dari gerakan satu jam padamkan listrik ini. Anda bisa membawa kamera dan mengabadikan momen yang diadakan setahun sekali ini, atau berfoto-foto di tengah gelapnya perkotaan. Agar tidak ketinggalan momen, sebaiknya sudah bersiap-siap di sore hari atau dua jam sebelum gerakan Earth Hour dilakukan.

4. Meditasi

Ya, kenapa tidak memanfaatkan Earth Hour untuk meditasi? Saat listrik dipadamkan, suasana pun akan menjadi lebih tenang dan sunyi. Kondisi ini cocok untuk melakukan relaksasi pikiran dan waktu satu jam pun lebih dari cukup. Nyalakan lilin aromaterapi, duduk di atas kasur atau alas empuk dan mulailah menenangkan pikiran. Anda juga bisa memutar musik yang menenangkan dari playlist di smartphone. Pastikan batere smarphone atau tablet Anda penuh sebelum Earth Hour dimulai.

Loading…

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*