3 Manfaat Mengkonsumsi Makanan Pedas Bagi Kesehatan

Manfaat-Makanan-Pedas

Makanan pedas memang tidak disukai oleh semua orang, hal ini karenakan jika dikonsumsi secara berlebihan maka bisa menyebabkan efek buruk bagi para penikmatnya, seperti rasa mulut yang terbakar, perut yang panas, dan juga bisa menyebabkan diare. Namun mengonsumsi makanan pedas juga bisa memberikan manfaat bagi kesehatan.

Cabai merupakan salah satu bahan utama dari makanan pedas, cabai juga kebanyakan mengandung zat yang biasa disebut capsaicin. Zat inilah yang akan memberikan efek baik pada tubuh anda. Nah untuk anda yang penasaran, apa saja manfaat mengonsumsi makanan pedas, simak 3 manfaat berikut :

  1. Menurunkan Berat Badan
    Dari sebuah penelitian Biophysical Society’s Annual Meeting, telah mengungkap bahwa dengan mengonsumsi cabai yang banyak mengandung zat capcaisin akan bisa membantu anda dalam menurunkan berat badan. Hal ini dikarenakan capsaicin yang terkandung didalam cabai akan menghasilkan panas yang bisa mempercepat dalam pembakaran lemak.

    Bukan hanya itu saja, capsaicin juga bisa mencegah dalam penambahan berat badan. Nah untuk anda yang sedang ingin menurunkan berat badan, ada baiknya mengonsumsi makanan-makanan yang pedas, tapi perlu anda ingat juga, jangan mengonsumsinya secara berlebihan.

  2. Penyakit Jantung
    Dengan mengonsumsi makanan pedas juga bisa melindungi kesehatan jantung anda. Dari sebuah penelitian yang dipresentasikan oleh American Chemical Society (ACS) telah menemukan bahwa cabai dapat melindungi seseorang dari risiko penyakit jantung. Hal ini dikarenakan zat capsaicin yang ada dalam cabai bisa menurunkan tingkat kolestrol buruk dan juga tidak dapat mempengaruhi tingkat kolestrol baik. Cabai juga mengandung Vitamin C yang dapat mencegah dari berbagai penyakit ringan seperti flu, pilek hingga kanker yang bisa saja menyerang anda.

  3. Mencegah Kanker
    American Cancer Society telah menunjukan penelitiannya yang membuktikan bahwa capsaicin juga bisa meredakan rasa sakit akibat operasi dan kemoterapi dan juga terapi radiasi. Bukan hanya itu, capsaicin juga dapat membantu anda dalam meredakan nyeri arthritis. Dan beberapa penelitian sebelumnya telah mengungkap bahwa antioksidan di dalam capsaicin dapat melawan karsiogen yang bisa menyebabkan kanker. Dengan kata lain, capsaicin ini bisa mencegah anda dari penyakit kanker.

 

Capsaicin merupakan zat yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh, nah anda bisa mengonsumsi makanan pedas yang mengandung cabai agar bisa memberikan manfaat bagi kesehatan anda, dengan mengonsumsinya maka anda bisa terhindarkan dari berbagai penyakit berbahaya, seperti penyakit jantung dan jugakanker.

Konsumsilah demi menjaga kesehatan anda, dan perlu anda ingat, jangan mengonsumsinya terlalu berlebihan karena hal ini tidaklah baik untuk kesehatan tubuh dan pencernaan anda.

Loading…

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*