Menurunkan Berat Badan Dengan 1 Sendok Jintan Setiap Hari

satu sendok jintan untuk menurunkan berat badan

Sapujagat.com – Jintan (Trachyspermum roxburghianum syn. Carum roxburghianum) merupakan tumbuhan menjalar yang bijinya dapat digunakan untuk rempah-rempah dan obat-obatan. Biji tanaman ini sering digunakan sebagai bumbu dapur untuk masakan India. Tanaman ini banyak dibudidayakan di India dan Asia Tenggara. Rasanya lebih dekat kepada kelabat atau klabet daripada jenis rempah lain.

Penelitian terbaru menunjukkan, bubuk jintan ternyata menyimpan khasiat untuk menurunkan lemak tubuh dan berat badan. Peneliti di Iran Shahid Sadoughi University of Medical Sciences melakukan uji coba pada 88 perempuan yang kelebihan berat badan atau obesitas. Mereka dibagi menjadi dua kelompok.

Dalam penelitian selama tiga bulan ini, kedua kelompok menerima konseling gizi. Selain itu kalori asupan sehari-hari mereka juga dikurangi menjadi 500 kalori. Namun satu kelompok lain, dalam 500 kalori makanannya ditambahkan 3 gram (sekitar satu sendok teh) bubuk jintan setiap harinya. Sementara kelompok kontrol diberikan menu yang sama namun dengan tambahan 5 ons yoghurt tanpa jintan.

Pada akhir percobaan, kelompok yang mengonsumi jintan ternyata mampu menurunkan berat badannya tiga kilogram lebih banyak dibanding kelompok lainnya. Selain itu, kelompok pengonsumsi jintan juga ternyata memiliki persentase bobot lemak tubuh tiga kali lipat lebih rendah dibanding kelompok lainnya.

Tak cuma untuk tubuh langsing, jintan ternyata juga memiliki manfaat lainnya, yaitu menurunkan lemak darah berbahaya atau trigliserilda. Trigliserilda dalam diri pengonsumsi jintan ternyata turun 23 poin. Sedangkan kelompok kontrol hanya turun lima poin. Mereka juga mampu menurunkan rata-rata 10 poin LDL, atau kolesterol jahat.

Khasiat jintan untuk menurunkan berat badan ternyata dipengaruhi oleh kandungan senyawa kimia, pitosterol. Bahan kimia alami ini dikenal untuk menghambat penyerapan kolesterol dalam tubuh. Para peneliti pun berspekulasi bahwa jintan, seperti rempah ‘panas’ lainnya, juga mampu meningkatkan metabolisme tubuh.

Loading…

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*