Inilah Manfaat Tidur Siang Selama 45 Menit !

Inilah Manfaat Tidur Siang Selama 45 Menit !

Peneliti dari Universitas Saarland Jerman menjelaskan bahwa selama tidur aktivitas otak yang dikenal sebagai “sleep spindles” memainkan peranan penting dalam mengonsolidasikan informasi yang baru dipelajari.

“Tidur siang selama 45 menit hingga satu jam mampu meningkatkan daya ingat hingga lima kali lipat daripada mereka yang tidak tidur siang,” jelas Professor Axel Mecklinger yang dikutip Daily Mail, Senin (23/5/2015).

Kinerja memori para partisipan yang tidur siang sama baiknya seperti sebelum tidur. Mereka langsung menyelesaikan tahap pembelajaran.

Sebenarnya, kinerja memori tidak meningkat bagi mereka yang tidur, kinerja memori cenderung tetap. Tetapi, tidur siang mampu meningkatkan keberhasilan belajar atau bekerja secara signifikan.

Oleh karena itu, jangan pernah menyepelekan efek dari tidur siang singkat selama 45 menit. Terutama bagi Anda yang sedang berada dalam proses belajar.

Tidur siang selama 45 menit ternyata mampu meningkatkan daya ingat hingga lima kali.  Ini merupakan kesimpulan dari penelitian yang dilakukan ilmuwan dari Universitas Saarland Jerman.

Selain itu, terungkap juga bahwa tidur siang singkat dapat membantu Anda menyimpan memori yang telah Anda pelajari dan secara signifikan meningkatkan daya ingat. Bagi para pelajar, tidur siang membantu mereka memperbaiki nilai ujian.

Penelitian ini melibatkan partisipan yang diminta untuk memelajari 90 kata dan 120 pasang kata yang tidak terkait seperti kata “susu” dan “taksi.” Beberapa partisipan kemudian menonton DVD dan partisipan lainnya diminta untuk tidur.

Ketika diuji, mereka yang tidur terbukti mampu mengingat lebih banyak kata dibandingkan mereka yang menonton DVD.

Hasil penelitain tersebut dirangkum dalam jurnal berjudul Neurobiology of Learning and Memory.

Loading…

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*