Informasi Obat Herbal Dan Tradisional

therapy herbal berbagai penyakit

Obat herbal dan tradisional sudah banyak tersebar dengan banyak kemasan dan banyak kegunaan atau khasiat,masyarakat sekarang banyak mencari obat herbal dan tradisional selain obat farmasi yang dianjurkan dokter melalui resep atau langsung beli ke apotek , ada beberapa hal mengenai obat herbal yang perlu anda ketahui yaitu Obat Herbal segar sebaiknya disimpan cara membungkusnya rapat rapat dalam suatu tempat yang tertutup rapat, lalu dimasukan kelemari pedingin. Dengan cara ini herbal bisa tahan sampai satu minggu. Herbal kering bisa tahan lebih lama, tetapi efek panas, cahaya, oksigen,(udara) tetap berpengaruh. Herbal aromatik,seperti chamomile pepermin dengan bahan aktif yang terikat minyak esensial mudah menguap saat bereaksi dengan oksigen dan panas.

Oleh karena itu, sebaiknya herbal tersebut di tempatkan dalam wadah kaca yang tertutup panas rapat,kemudian simpan dalam tempat gelap kering,dan dingin serta jauhkan dari panas matahari jika penyimpanannya benar herbal kering dalam bentuk bunga dan daun bisa tahan sampai setahun bahkan kulit kayu dan akar kering bisa tahan hingga 2 tahun.

Jamu tradisional diwariskan nenek moyang kita.di pasaran,kita bisa menjumpainya dalam bentuk herbal kering siap seduh atau siap rebus,juga dalam bentuk segar rebusan(jamu godhok)  sebagaimana dijajakan para penjual jamu gendong. Demi alasan kepraktisan,kini jamu juga di produksi dalam bentuk kapsul dan pil siap minum.

Pada umumnya dalam kelompok ini di racik berdasarkan resep peninggalan leluhur,yang belum diteliti secara ilmiah. Khasiat dan keamanannya dikenal secara empiris (berdasarkan pengalaman turun menurun)

Herbal terstandar sedikit berbeda dengan jamu,herbal terstandar umumnya sudah mengalami pemrosesan misalnya berupa ekstrak atau kapsul. Herbal yang sudah di ekstrak tersebut sudah di teliti khasiat dan keamanannya melalui uji praklinis (terhadap hewan) di laboratorium.

Disebut herbal terstandar karena standar kandungan bahan,proses pembuatan ekstrak, higienitas , serta uji toksisitas (untuk mengetahui ada atau tidaknya kandungan racun dalam herbal tersebut) telah di terapkan dalam proses pengujinya

Fitrofarmaka merupakan jamu dengan kasta tertinggi karena khasiat keamanan serta standar proses pembuatan dan bahannya telah diuji secara klinis jamu berstatus sebagai fitrofarmaka juga dijual di apotek dan sering di resepkan oleh dokter

Jangan mengosumsi seara sembarangan pengobatan dengan herbal dan sejumlah obat tradisional lain kini kian populer di masyarakat. Banyak orang menganggap bahwa herbal dan obat tradisional lain tidak akan berbahaya digunakan dalam jumlah banyak karena herbal adalah bahan alami. Hal tersebut sama sekali tidak tepat karena jika dikonsumsi secara sembarangan maka herbal dan obat tradisional lain juga berbahaya bagi tubuh kita.

sebagai mana obat obatan medis(obat apotek) sudah banyak di teliti sehingga dosis tepatnya sudah banya dapat di tentukan,sedangkan herbal dan jamu belum bisa di tentukan dosisnya mengingat penelitian untuk obat obatan tradisional memang masih jarang di lakukan,herbal kini makin populer di indonesia kini tersedia dalam berbagai bentuk sediaan ada herbal yang diawetkan tetapi ada pula ramuan herbal segar yang mudah kita ramu sendiri di rumah.

 

Loading…

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*