5 Manfaat Penting Kumis Kucing Bagi Kesehatan Tubuh - Infotainment News Online Terkini

JagatManfaat

5 Manfaat Penting Kumis Kucing Bagi Kesehatan Tubuh

on

4-Manfaat-Dan-Khasiat-Daun-Kumis-Kucing-bagi-kesehatan

Manfaat Kumis Kucing Bagi Kesehatan Tubuh – Didengar dari namanya pasti kita tahu bahwa kumis kucing adalah jenis tanaman yang berasal dari Indonesia. Namun selain di Indonesia anda juga dapat menjumpai tanaman ini di beberapa negara yang ada di Asia Tenggara karena tumbuhan ini merupakan tanaman yang tumbuh di iklim tropis. Nama latin dari kumis kucing adalah Orthosiphon Grandiflarus. Namun keberadaan tanaman kumis kucing sepertinya saat ini sulit untuk kita jumpai karena memang banyak yang tidak tahu manfaat akan kumis kucing dan menganggap tanaman ini hanyalah sebuah hama.

Sebenarnya jika kita korek lebih dalam tentang manfaat kumis kucing pastinya anda akan terkagum-kagum dan menganggap kumis kucing adalah tanaman yang bermanfaat bagi kesehatan kita semua. Salah satu bagian pada tanaman kumis kucing yang paling bermanfaat adalah pada daunnya. Daun kumis kucing banyak mengandung kadar kalium yang tinggi, glikosida, fosfat, iksalat dan orthosiponin yang bermanfaat dapat menurunkan kadar asam urat dalam tubuh.

Selain itu, kumis kucing juga pernah sesekali digunakan untuk menyembuhkan infeksi kandung kemih, mengatasi diabetes, mengobati reumatik dan hasilnya menunjukkan bahwa tanaman ini memang cocok untuk mengatasi masalah tersebut. Namun bukan hanya itu, masih banyak manfaat lain dan penyakit lain yang dapat disembuhkan dengan menggunakan tanaman kumis kucing ini. Berikut beberapa contoh khasiat dari kumis kucing :

 

Manfaat Tanaman Kumis Kucing Bagi Kesehatan Tubuh

Mengobati Batu Ginjal – Percaya ngga percaya penyakit batu ginjal dapat diatasi dengan menggunakan tanaman kumis kucing. Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah menyiapkan kumis kucing sebanyak 3 genggaman tangan dan siapkan pula 5 lembar daun keji beling sebagai tambahan. Setelah semua terkumpul, rebus semuanya dengan menggunakan 2 gelas air baru kemudian anda minum. Untuk hasil yang cepat dan maksimal, lakukan secara rutin.

Mengatasi Sakit Pinggang – Jika pada bagian pinggang anda sering mengalami sakit, anda bisa mengkonsumsi ramuan yang terbuat dari tanaman kumis kucing ini. Caranya cukup sederhanda, yaitu anda sediakan sebanyak 7 lembar daun kumis kucing dan 2 potong akar kumis kucing kemudian direbus dalam 1 gelas air sampai mendidih baru kemudian anda minum ramuan tersebut. Minumlah secara teratur minimal 2x sehari hingga sakit pinggang yang anda rasakan hilang.

Memperlancar Pengeluaran Air Kemih – Hampir sama dengan yang lain, cara penggunaan kumis kucing yaitu dengan direbus kemudian diminum. Hanya saja untuk memperlancar pengeluaran air kemih diperlukan bahan tambahan seperti akar alang-alang dan meniran. Cuci semua bahan hingga bersih kemudian rebus dengan air sebanyak 3 gelas sampai berkurang hinggal 50%. Setelah mendidih tuangkan dalam gelas kecil dan minum sebanyak 3x sehari.

Untuk Mengatasi Keputihan – Cara penggunaan kumis kucing untuk mengatasi keputihan yaitu dengan mencampurkan daun kumis kucing dengan daun beluntang kedalam satu gelas air dan direbus hingga mendidih kemudian ketika direbus tambahkan 10 biji kemukus dan 1sdt jintan hitam baru kemudian anda minum. Lakukan ini secara rutin minimal 2x sehari.

Mengatasi Hipertensi dan Diabetes – Banyak cara yang dapat anda lakukan untuk mencegah dan mengatasi kedua penyakit ini salah satunya yaitu dengan menggunakan tanaman kumis kucing. Buat ramuan dengan cara merebus 2 genggam daun kumis kucing hingga mendidih. Kemudian air rebusan tersebut kita minum setiap hari minimal 2x sehari secara rutin. Jika kita melakukannya setiap hari selama beberapa minggu pasti akan terlihat perbedaannya.

Dari banyaknya manfaat yang kita peroleh dari tanaman kumis kucing ini, kita harusnya menyadari bagaimana pentingnya merawat alam agar tetap menghasilkan tanaman yang berkhasiat dan bermanfaat bagi tubuh kita. Sekian dan Terimakasih.

Recommended for you