Heboh! Batu Giok 10 Ton di Gorontalo - Infotainment News Online Terkini

JagatNews

Heboh! Batu Giok 10 Ton di Gorontalo

on

batu giok 10 ton di gorontalo

Sapujagat.com – Provinsi Gorontalo, Kelurahan Donggala di hebohkan oleh penemuan batu giok 10 ton. Mengantisipasi terjadinya konflik, petugas keamanan pun disiagakan di lokasi selama 24 jam penuh.

Ada yang menyebut tiga ton atau  lima ton, bahkan bisa mencapai 10 ton mengingat dasar batu itu tertanam jauh dalam tanah. ” Bisa jadi segitu bobotnya,” kata Razak Karim ,48, penemu batu giok itu.

Wakil Walikota Gorontalo Budi Doyu menyatakan, dugaan semula batu itu beratnya sekitar dua hingga tiga ton. Tetapi setelah diteliti lebih lanjut, diperkirakan batu dengan tinggi sekitar 1,5 meter dan lebar 2 meter, itu beratnya malah diduga sekitar 10 ton.

“Sudah diteliti, dugaan sementara itu beratnya hampir sepuluh ton. Nilainya mungkin antara tujuh hingga sepuluh miliar rupiah,” kata Budi Doyu kepada detikcom, Sabtu (28/2/2015).

Sebentar saja informasi temuan batu hijau itu menyebar kemana-mana. Banyak yang datang untuk memahat batu itu dan menjualnya.

Maka pengamanan pun dilakukan. Sebanyak 10 petugas setiap hari berjaga di sekitar lokasi. Mereka berasal dari gabungan TNI, Polri dan juga Satuan Polisi Pamong Praja.

“Kita harus mengantisipasi masalah ini. Itu tugas kita. Maka penjagaan dilakukan, dan diatur juga siapa yang berhak mengambil batu itu, melalui koperasi di kelurahan,” kata Budi yang juga Ketua Asosiasi Gemstone Gorontalo.

Penemuan Batu Giok ini bermula saat Razak  tengah mencari bebatuan alam di bukit yang tak jauh dari rumah tempat tinggalnya. Merasa tertarik oleh salah satu batu yang ditemukannya di jalan, segeralah ia ambil dan dibawanya untuk dicek.

batu giok 10 ton kota gorontalo

“Pas ada pameran kemarin baru saya ambil sedikit, mereka bilang cuma batu biasa. Tapi setelah dibuat jadi cincin ternyata batu giok,” ujar Razak yang merupakan warga setempat itu.

Meski terletak di tengah bukit dan harus ditempuh selama 30 menit dengan berjalan kaki, kejadian ini tak ayal tetap mengundang rasa penasaran warga sekitar. Tidak sedikit warga dari kelurahan lain datang ke lokasi untuk melihat langsung penemuan ini.

Pihak kepolisian dan TNI pun diturunkan untuk berjaga-jaga di sekitar lokasi penemuan. Hingga saat ini, belum diketahui berapa total harga batu giok tersebut. Ada yang menaksir seharga lima miliar rupiah.

“Siapapun warga boleh ambil, yang penting harus minta izin dulu,baminta” tambah Razak kepada DeGorontalo.co

Kini, sudah separuh dari batu itu berhasil dipecahkan. Razak berkongsi dengan sekitar 30 orang yang masih terhitung kerabatnya, membawa turun bongkahan demi bongkahan yang berhasil dipecahkan. Bongkahan –bongkahan besar itu dikumpulkan di rumahnya.

“Rencananya mau kami jual, 250 ribu rupiah perkilo, hasilnya nanti dibagi rata,” ujar pria tiga anak yang sehari-harinya bekerja sebagai buruh serabutan itu.

Warna dari setiap bongkahan itu cukup beragam, ada yang hijau lumut, kuning juga putih. Sesuai nama lokasi ditemukan, Razak menamakan batu Giok itu sebagai “Batu Giok Huwali”.

Baca juga;

Batu Giok 20 Ton Jadi Rebutan Warga di Nagan Raya

Inilah Sosok Batu Giok 20 Ton yang Telah Dibelah

Usman Sang Penemu Batu Giok Super 20 Ton Yang Bikin Geger Aceh