Domain .app Di Beli Google Dengan Harga Rp 324 Miliyar, Untuk Apa ? - Infotainment News Online Terkini

JagatTekno

Domain .app Di Beli Google Dengan Harga Rp 324 Miliyar, Untuk Apa ?

on

Domain .app Di Beli Google Dengan Harga Rp 324 Miliyar, Untuk Apa

Sebuah badan bernama The Internet Corporation for Assigned Names and Numbers (Icann) mengeluarkan nama domain situs baru dan melelangnya. Alamat domain lain sejauh ini yang terjual adalah .farinclude .baby, .tech, .salon, dan .VIP. Kelompok domain tersebut dikenal dengan istilah domain level tinggi (gTLD).

Google baru saja membeli domain internet .app senilai USD 25.001.000 atau setara Rp 324 miliar. Proses pembelian dalam aksi lelang ini merupakan harga tertinggi dalam sejarah pembelian domain internet. Pertanyaan selanjutnya, untuk apa domain .app yang diakuisisi Google tersebut?

Satu perusahaan yang dimiliki Google, Charleston Road, di formulir lelangnya menyebut jika domain .app akan dipakai untuk para developer aplikasi. Tujuan gTLD untuk membuat pengembang aplikasi dapat menyesuaikan domain dan nama aplikasi internet.

“Membuat populasi pengguna internet sadar bahwa situs internet .app berhubungan dengan aplikasi dan para pengembang aplikasi,” tambah perusahaan itu

Sementara domain.baby diakuisisi perusahaan farmasi Johnson & Johnson senilai USD 3 juta sedangkan Dot Tech LLC membeli domain .tech seharga USD 6,7 juta. Semua dana hasil lelang terkumpul dipegang Dewan Direksi Icann untuk digunakan setelah melalui konsultasi dengan masyarakat.

Dengan alamat domain yang spesifik akan membuat pengguna paham jika situs yang dikunjungi adalah lokasi yang dirancang untuk menemukan aplikasi serta informasi tentang pengembangan aplikasi. Ini bisa diakses melalui alamat situs yang telah dibedakan.