Korea Utara Mengklaim Negaranya Memiliki 100 Nuklir 5 Tahun Dari Sekarang - Infotainment News Online Terkini

JagatDunia

Korea Utara Mengklaim Negaranya Memiliki 100 Nuklir 5 Tahun Dari Sekarang

on

Korea Utara Mengklaim Negaranya Memiliki 100 Nuklir 5 Tahun Dari Sekarang

Peneliti asal Amerika Serikat bernama Joel Wit dari Universitas John Hopkins mengatakan, dalam lima tahun yang akan datang, tepatnya 2020, negara yang berada di bawah pimpinan Kim jong-un itu akan memperluas program nuklirnya dan bisa memiliki 100 senjata bom atom, seperti dilansir Times of India, Kamis (26/2).

Korea Utara yang terkenal dengan senjata super canggihnya dikabarkan akan semakin gencar meningkatkan alat persenjataan perang mereka.

Joel Wit menuturkan, perusahaan mutakhir asal Eropa tanpa disadari berkontribusi terhadap program nuklir Pyongyang karena peralatan mereka yang dikirim ke China malah dialihkan ke Korea Utara.

Dengan bantuan foto satelit, laporan dari media Korea Utara dan pengalaman mereka soal program nuklir, Wit dan ahli nuklir David Albright, membuat beberapa skenario kemungkinan tentang program nuklir Korea Utara sejak 2009 hingga 2014.

“Kami mencoba sebaik-baiknya memprediksi masa depan, seperti yang dilakukan para intelijen,” kata Wit.

Skenario pertama, Pyongyang akan menggandakan persediaan sekitar 20 senjata, termasuk senjata berbasis plutonium.

Skenario kedua, kemungkinan besar Korea Utara terus menerus menggunakan teknologi seperti saat ini dan berhasil membuat 50 senjata pada tahun 2020.

Meskipun program nuklir Korea Utara masih diselimuti ketidakpastian, Pyongyang saat ini diyakini memiliki persediaan 10 sampai 16 senjata nuklir kuno baik dari plutonium atau senjata-grade uranium.