Solo Akan Bangun Gedung Parkir 7 Lantai Untuk Mengurangi Kemacetan

solo akan bangun parkiran 7 lantaiSapujagat.com – Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Solo Yosca Herman Soedrajat mengatakan, pertumbuhan kendaraan di Kota Solo cukup pesat. Menurutnya, tahun ini saja jumlah kendaraan mencapai 2.500 ribu unit. Padahal tahun 2006 lalu jumlahnya hanya sekitar 75 ribu unit.

Perkembangan jumlah kendaraan tak sebanding dengan fasilitas penunjang, salah satunya lahan parkir,” ucapnya

Kendati demikian, Pemerintah Kota (Pemkot) Solo akan membangun tempat parkir 7 lantai, di kawasan Stadion Sriwedari. Pembangunan gedung parkir tersebut guna mengurangi kemacetan yang terjadi di Kota Bengawan, khususnya di sekitar Jalan Slamet Riyadi atau pusat kota.

Wali Kota Solo, FX Hadi Rudyatmo (Rudy) saat ditemui wartawan di area Car Free Day (CFD) Solo, Minggu (22/2) mengatakan, pembangunan tempat parkir juga dimaksudkan untuk menata transportasi yang ramah, nyaman, dan aman bagi masyarakat.

“Tahun ini kami sudah membuat struktur dan rancangan DED (Detailed Engineering Design). Jika sudah jadi semua kendaraan roda dua dan empat yang biasanya terparkir di Jalan Slamet Riyadi, kami alihkan kesana,” ujarnya.

Selain Stadion Sriwedari, pihaknya juga berencana menggunakan sejumlah lahan lainnya untuk kantong parkir. Salah satunya adalah lapangan Kota Barat.

Mungkin lapangan Kota Barat juga kami bangun serupa. Karena kalau tidak, on street ini tak bisa diatasi. Memang biasanya digunakan untuk latihan sepak bola, namun bisa dialihkan fungsinya, toh kita juga sudah memiliki banyak stadion yang bisa digunakan untuk bermain bola, katanya.

Terkait anggaran, Rudy mengaku dibutuhkan dana cukup besar. Tetapi jika dibandingkan dengan kecelakaan dan kemacetan, kalau dikalkulasi lebih besar manfaatnya. Karena dampaknya jangka panjang.

Kami menargetkan tahun 2016 nanti semua sudah terealisasi, hapanya.

Loading…

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*