Inilah Manfaat Kopi Hitam Yang Dapat Membuat Anda Cantik

Inilah Manfaat Kopi Hitam Yang Dapat Membuat Anda Cantik

Sebagai salah satu negara penghasil kopi terbesar di dunia, tak heran jika Indonesia punya banyak penggemar minuman hitam ini. Menjamurnya penjual kopi, mulai dari kafe sampai menggunakan sepeda, membuat masyarakat sulit lepas dari minuman ini.

Kopi merupakan salah satu minuman terbaik yang bisa memulihkan suasana hati. Bahkan banyak yang menjadikan kopi sebagai teman setia pelipur lara saat stres mendera.

Tapi, tahukan Anda, bagi para perempuan kopi mempunyai khasiat dari sekadar pelepas dahaga atau pemulih suasana hati. Ternyata, kopi juga bisa membuat penampilan Anda terlihat lebih cantik.

Seperti dilansir dari Prevention, berikut beberapa manfaat kopi untuk kecantikan.

1. Mencerahkan wajah

Seorang dokter kulit di Wholistik Dhermatology di Beverly Hills, Julia Hunter, percaya bahwa kopi bisa digunakan sebagai antioksidan. Scrub wajah dari kopi dapat membantu mencerahkan kulit, mencegah pori-pori tersumbat, dan menyamarkan kerut wajah. Asam yang terkandung dalam kopi membantu pengelupasan secara kimia sampai pengelupasan mekanik. Hal ini juga membantu meningkatkan pelindung kulit.

“Itulah yang membuat Anda tetap sehat ketika bakteri, virus, dan jamur mendarat di kulit Anda setiap harinya,” katanya.

Untuk membuat scrub dari kopi, caranya cukup mudah. Larutkan kopi dengan menggunakan air panas dan tambahkan garam Inggris. Kopi akan mengendap di bagian bawah mangkuk. Kemudian, basuh wajah dengan menggunakan air kopi tersebut. Setelah itu, ambil ampasnya dan gosokkan di wajah. Jika sudah selesai, bilas wajah dengan sisa air dari dalam mangkuk dan bilas dengan air bersih.

2. Memperbaiki warna rambut

Mungkin Anda pernah mendengar tentang trik mencerahkan rambut pirang, yaitu mencuci rambut dengan teh chamomile atau sampanye. Nah, jika Anda berambut cokelat, Anda bisa menggunakan espresso. “Bubuk kopi dicampur dengan air sampai menjadi pasta dan oleskan pada rambut yang basah saat Anda mencuci rambut. Anggap saja seperti memakai sampo. Ini akan membantu mengeluarkan warna rambut Anda,” kata hair colorist di Louise O’Connor Salon di New York City, Doug Macintosh. “Keasaman kopi juga akan memperbaiki kultikula pada rambut dan membuatnya lebih bersinar.”

3. Membantu menangkal kanker kulit

Menurut hasil studi tahun 2011 yang diterbitkan dalam Prosiding National Academy of Sciences, kopi dapat digunakan untuk melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari. Para peneliti menemukan bahwa mengoleskan kafein dapat membantu melindungi terhadap beberapa jenis kanker kulit pada tingkat molekuler dengan menghambat enzim protein dalam kulit. Selain itu, kopi juga dapat melindungi diri Anda dari kanker kulit melanoma dengan mengurangi paparan sinar matahari dan sinar UV,” kata salah satu penulis studi sekaligus mahasiswa doktoral di Yale School of Public Health, Erikka Loftfield.

4. Mengurangi lingkaran hitam pada mata

Setiap krim mata yang menjanjikan memudarkan lingkaran gelap pada mata mungkin mengandung kafein. “Jika Anda meletakkan kopi di permukaan kulit, kopi tersebut akan mengeringkan dan mengencangkan pembuluh darah,” kata Hunter. “Daerah di bawah mata Anda adalah saluran limfatik yang mengalir buruk, dan kafein membantu menghilangkan air dari sistem itu.”

Hunter menjelaskan, saat Anda menua, kulit di bawah mata akan lebih tipis, sehingga lebih mudah untuk melihat pembuluh darah. Kopi yang mengencangkan pembuluh bisa membantu sementara untuk menyamarkan lingkaran hitam. Anda dapat melihat hasilnya dalam waktu 30 menit sampai satu jam.

5. Memperbaiki saraf penciuman

Menurut penelitian yang dilakukan oleh ahli saraf dari University of California, Noam Sobel, menghirup kopi di antara semprotan parfum atau sejenisnya ternyata membantu mencegah kelelahan hidung. Dengan kata lain, kopi dapat berfungsi untuk memperbaiki indra penciuman (itu sebabnya Anda sering mencium aroma biji kopi di counter department store mewah).

6. Pengelupasan

Jika Anda menemukan kopi di spa, kemungkinan besar itu digunakan untuk perawatan tubuh. Perawatan campuran ekstrak kopi dengan garam dari Laut Mati dan minyak esensial dapat membantu proses pengelupasan kulit. Ramuan ini dapat mengatasi selulit dan kulit kasar.

Anda juga bisa membuat ramuan serupa di rumah Anda. Caranya dengan menyampurkan setengah cangkir gula atau setengah cangkir garam Inggris untuk hasil yang lebih baik, ditambahkan dengan setengah cangkir bubuk kopi, satu setengah sendok makan minyak jojoba, dan daun teh dari dua kantong teh hijau.

Gosokkan bahan yang telah dicampurkan tadi ke tubuh dengan gerakan melingkar. Lakukan sebelum Anda mandi. Setelah mandi, jangan lupa aplikasikan pelembab pada kulit.

Loading…

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*