Robot Kursi Roda Berhasil Diciptakan Oleh Siswa Sidoarjo - Infotainment News Online Terkini

JagatTekno

Robot Kursi Roda Berhasil Diciptakan Oleh Siswa Sidoarjo

on

Robot Kursi RodaSapujagat.com – Tiga siswa SMA 2 Muhammadiyah Sidoarjo membuat karya hebat berupa kursi roda pintar. Mereka merebut medali perak dalam kontes Saint Project Robot tingkat nasional yang diadakan di Tangerang, Banten.

Mereka merangkai alat bantu berdiri yang dinamai Postwec (power stand-up wheel chair), yang dioperasikan disambungkan dengan joystick.

Jenis kursi roda yang umumnya hanya untuk duduk, kini diciptakan ‎​​bisa untuk berdiri bagi penggunanya. Transformasi dari posisi duduk menjadi berdiri, dapat dilakukan secara otomatis.

Robot kursi roda ini memiliki fitur yang bisa membantu penggunanya untuk berdiri, berjalan dan diperuntukkan bagi kaum lansia serta penyandang cacat.

Menurut sang kreator, Ahmad Habib, ia dan rekannya merancang alat ini selama tiga bulan dan menghabiskan biaya sekitar Rp 7 juta.

“Saya termotivasi ketika saya melihat seorang lansia yang menggunakan kursi roda, namun masih dibantu atau didorong oleh orang lain, kemudian saya mencoba membuat robot kursi roda tanpa bantuan orang lain dengan mengunakan sistem joy stick wireless,” ujarnya di SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo, Jawa Timur.

“Saya berharap temuan ini segera bisa dipatenkan dan dikembangkan secara massal,” lanjut Habib.

Kepala Sekolah SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo Wigati Ningsih menjelaskan, semua siswa di sekolahnya tidak hanya mengenyam pendidikan akademis, namun para siswa punya aktivitas lainnya untuk mempertajam kreativitas, salah satunya soal robotik yang digeluti Habib dan Langgeng.

“Karya siswa ini akan kami patenkan agar dapat digunakan orang yang sedang sakit dan tidak membutuhkan bantuan orang lain. Ini adalah karya yang luar biasa yang diciptakan oleh siswa kami,” pungkasnya.

Kepala Sekolah SMA Muhammadiyah 2 Hidayatullah mengapresiasi karya siswanya ini.
Harapan Hidayatullah, ada tindak lanjut dan apresiasi dari pemerintah untuk karya anak bangsa ini.

“Karya anak-anak ini termasuk bisa membantu orang yang lemah fisik dan patut diacungi jempol,” sanjungnya.

Dia mengakui, untuk perhatian karya anak bangsa, masih dinilai minim. Padahal kalau banyak suport dan tindak lanjut dari pemerintah, pasti akan membuat senang penciptanya.

“Pasti karya yang diperhatikan, akan bisa membuat para anak bangsa yang bangsa berkreasi, semakin rajin dan tekun dalam mencari dan menciptakan tehnologi yang hebat lagi,” pungkasnya.