Pasar Tani Tempatnya Beras Dengan Harga Miring - Infotainment News Online Terkini

JagatNews

Pasar Tani Tempatnya Beras Dengan Harga Miring

on

Pasar Tani menjual beras dengan harga miringSapujagat.com – Anda mau beras dengan kualitas sama namun harga lebih miring? Pasar Tani di dekat Gedung D Kantor Pusat Kementerian Pertanian (Kementan), Ragunan, Jakarta Selatan menjual beras dengan harga ‘miring’ Harga beras di pasar yang digelar setiap Jumat ini jauh lebih murah daripada harga di pasar umum lainnya, apalagi harga beras saat ini sedang naik tajam.

“Beras di sini (di Pasar Tani Kementan) Rp 8.000/kg di luar Rp 12.000/kg‎. Kami tidak bilang lebih murah, tapi bersaing. Karena pada dasarnya kualitasnya sama bagus dengan yang grade atas di pasaran. Varietas Ciherang. Bisa disetarakan dengan grade yang bagus,”‎ ujar‎ Humas dan Sekretaris‎ Pasar Tani Kantor Pusat Kementerian Pertanian Tiwi Hartati‎ saat berbincang santai di Kantor Kementerian Pertanian, Jumat (20/2/2015)‎

Selain itu, ada juga beras jenis khusus yakni beras pandan wangi cianjur berkadar gula rendah yang umum diperuntukkan bagi penderita diabetes juga dijual dengan harga yang lebih kompetitif, di pasar yang terbuka untuk umum ini.

“Beras pandan wangi Cianjur Rp 100.000/kantong. Di supermarket sudah Rp 130.000/kanoung,” katanya.

Ada pula, produk pertanian lain seperti buah, sayur, daging, telur, ikan hingga olahan rumput laut yang dijual dengan harga yang lebih rendah di pasar yang berkonsep tenda ini.

“Semua kalau mau cari apa di sini ada. Nggak cuma dari Jabodetabek tapi ada juga dari Sukabumi, Bogor, Cianjur. Ada Salak Pondoh yang langsung dari Jogjakarta, telur organik dari Ciamis sampai cabai dari Brebes. Semuanya harga lebih kompetitif,” katanya.

Ia menjelaskan, harga yang dijual di pasar yang buka sejak pukul 7.00 WIB tersebut lebih rendah ketimbang harga di pasaran lantaran semua produk yang dijual berasal langsung dari petani.

“Rantai distribusinya lebih pendek karena langsung dari petani. Memang Pasar Tani ini tujuannya meningkatkan harkat martabat petani supaya petani merasakan hasilnya secara langsung. Dan yang paling penting adalah memperpendek mata rantai konsumen dengan petani. Makanya harga lebih murah,” jelasnya.

Bagaimana? anda tertarik untuk berkunjung ke Pasar Tani yang di buka setiap jumat?