Hadapi Isis, Pasukan Inggris Bergabung Dengan Pasukan Kurdi

kaum kurdi hadapi isis

Sapujagat.com – Televisi Sky melaporkan pada Kamis (19/2) bahwa seorang tentara Inggris dilaporkan telah bergabung dengan pasukan Peshmerga Kurdi untuk melawan kelompok ISIS.

Sky mengatakan pria itu telah bertugas di militer sejak menyelesaikan sekolah pada usia 16 tahun dan diketahui telah belajar bahasa Arab.

Menurut Sky, pria yang tak disebutkan namanya itu mengatakan kepada keluarga dan teman-temannya ia berniat untuk menghabiskan satu tahun di Timur Tengah.

Dia telah cuti dari Angkatan Darat Inggris saat ia berangkat ke wilayah tersebut, tambahnya.

Juru bicara Departemen Pertahanan Inggris mengatakan, “Kami mengetahui laporan ini dan kami sedang menyelidikinya.”

Meski begitu, tidak diketahui persis ke mana ia pergi, dan tidak ada informasi lebih lanjut yang dirilis.

Pria itu menjadi tentara pertama yang masih bertugas yang bergabung pasukan Kurdi, meski memang terdapat beberapa mantan prajurit Inggris yang telah lebih dulu melakukannya. Kaum Kurdi saat ini berada di garis depan dalam perang melawan ISIS di Irak dan Suriah.

Pasukan keamanan juga memperkirakan sekitar 600 Muslim Inggris telah melakukan perjalanan ke Suriah untuk bertempur, sebagian besar dari mereka bergabung dengan kelompok ISIS.

Sekitar setengah dari mereka telah kembali dan puluhan ditangkap di bawah undang-undang anti-terorisme Inggris.

Hampir semua pasukan Inggris ditarik keluar dari Irak pada 2011, delapan tahun setelah invasi pimpinan AS yang menjatuhkan Saddam Hussein. Kini beberapa yang masih tinggal di Irak hanya bertugas melatih tentara Irak.

Pasukan Peshmerga telah berjuang melawan ISIS di wilayah Kurdi di Irak utara dan sedang mencoba mengepung kota Mosul guna memotong jalur pasokan ISIS dari Suriah.

Pasukan Inggris, di lain pihak, adalah salah satu negara yang ambil bagian dalam serangan udara pimpinan AS dalam melawan ISIS di Irak dan Suriah.

Loading…

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*