Jokowi Usulkan Komjen Badrodin Haiti Jadi Kapolri, Tim 9 : Badrodin Haiti Tentukan Nasib Penyidik KPK - Infotainment News Online Terkini

JagatNews

Jokowi Usulkan Komjen Badrodin Haiti Jadi Kapolri, Tim 9 : Badrodin Haiti Tentukan Nasib Penyidik KPK

on

P

Sapujagat.com – Presiden Jokowi akhirnya tak melantik Komjen Budi Gunawan jadi Kapolri. Memperhatikan suara rakyat, Jokowi memutuskan mengusulkan nama baru calon Kapolri yakni Komjen Badrodin Haiti yang saat ini duduk sebagai Wakapolri.

“Yang pertama, mengingat bahwa pencalonan Komjen Budi Gunawan sebagai Kapolri telah menimbulkan perbedaan pendapat di masyarakat maka untuk menciptakan ketenangan dan memperhatikan kebutuhan Kepolisian Negara Republik Indonesia untuk segera dipimpin oleh Kapolri yang definitif, maka hari ini kami mengusulkan calon baru yaitu Komjen Badrodin Haiti,” kata Presiden Jokowi dalam konferensi pers di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (18/2/2015) pukul 14.20 WIB.

Jokowi akan mengajukan nama itu ke DPR RI. “Untuk dimintakan persetujuan DPR RI,” katanya.

Jokowi memberikan keterangan pers dengan berdiri di podium. Jokowi yang berkemeja putih membaca teks dan didampingi Wapres JK dan Mensesneg Pratikno. Setelah Jokowi berpidato, Pratikno menjawab sejumlah pertanyaan wartawan.

Di tangan Badrodin terletak masa depan para penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi yang kini dilaporkan ke Badan Reserse Kriminal Mabes Polri atas dugaan kepemilikan senjata api ilegal.

“Badrodin perlu melakukan langkah-langkah pencegahan secara tegas terkait upaya kriminalisasi lebih jauh terhadap penyidik KPK,” kata Juru Bicara Tim 9 Imam Prasodjo di Gedung KPK, Jakarta, Rabu (18/2).

Menurutnya, Badrodin sungguh-sungguh mengemban tanggung jawab besar dalam membenahi hubungan Polri dan KPK. Tim 9 meminta upaya kriminalisasi terhadap KPK dihentikan total.

“Jika perlu nanti setelah dilantik, Kapolri bisa keluarkan SP3 (Surat Perintah Penghentian Penyidikan) terhadap semua orang yang dijadikan tersangka dengan cara-cara tidak substansial,” kata Imam.