Jokowi Dinilai Ambil Keputusan Berani Perihal Budi Gunawan Yang Tak di Lantik

jokowi tak lantik budi gunawanSapujagat.com – Kritik terhadap Jokowi yang dinilai lamban pun sudah terjawab. Namun demikian ini baru langkah awal dalam penyelamatan KPK-Polri.

“Jam pasir sudah terjawab. Walau agak disayangkan Jokowi hanya mengajukan satu nama calon Kapolri,” kata pengamat politik Universitas Paramadina, Hendri Satrio.

Meski demikian keputusan Jokowi untuk mengikuti suara rakyat sudah sangat tepat. Jokowi sudah membuktikan dirinya hanya tunduk kepada rakyat dan konstitusi.

“Keputusan Presiden Jokowi ini layak diapresiasi. Ini keputusan sangat berani,” kata pengamat politik Universitas Paramadina, Hendri Satrio, kepada detikcom, Rabu (18/2/2015).

“Vox populi vox dei, suara rakyat suara tuhan,” pungkasnya.

Selain tak melantik Budi Gunawan, Presiden Jokowi juga mengeluarkan Keppres pemberhentian dua pimpinan KPK Bambang Widjojanto dan Abraham Samad. Keduanya digantikan oleh Taufiqurrahman Ruki, Indriyanto Senoadji, dan Johan Budi.

Taufiqqurahman Ruki bukanlah muka baru di KPK, Taufiqqurahman adalah sosok yang pernah memimpin KPK di masa awal lembaga antikorupsi tersebut terbentuk.

Sementara itu, Johan Budi lebih dikenal sebagai juru bicara KPK dan saat ini memegang jabatan sebagai Deputi Pencegahan KPK dan Senoadji adalah akademisi UI. keduanya ditunjuk karena dianggap tegas dan pintar dalam masalah hukum.

“Ya Alasannya orang pintar hukum, baik dan tentu butuh ketegasan,” kata JK di Kantor Wapres, Jl Veteran, Jakarta, Rabu (18/2/2015) yang menjelaskan alasan pencalonan kedua nama terakhir sebagai pimpinan KPK.

Sebelumnya, Jokowi yang didampingi Wapres JK mengumumkan tiga nama Plt yang menggantikan BW dan Samad, serta satu posisi memang kosong. “Saudara Taufiqurrahman Ruki, Indriyanto Senoadji, dan Johan Budi,” terang Jokowi.

Jokowi menyampaikan Kepres itu segera diterbitkan. Mereka pun akan segera bertugas. “Keppres tiga orang pimpinan diterbitkan,” tambahnya.

Loading…

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*