Terjadi Gempa 6,9 SR Di Jepang, Gelombang Kecil Tsunami Siap Hantam Jepang

Terjadi Gempa 6,9 SR Di Jepang, Gelombang Kecil Tsunami Siap Hantam Jepang

Gempa 6,9 SR mengguncang kawasan Samudera Pasifik, sekitar 210 kilometer dari timur Miyako, dengan kedalaman 10 kilometer. Sementara Badan Survei Geologi Amerika Serikat melaporkan versi berbeda, yakni 6,7 SR.

“Gempa terjadi pada pukul 06.06 pagi (waktu setempat). Titik pusat gempa terletak sekitar 220 kilometer sebelah timur Miyako dengan kedalaman 10 kilometer dari atas permukaan laut,” demikian informasi Badan Geologi Amerika Serikat (USGS) seperti dikutip Reuters pada Selasa (17/2/2015).

Sebuah gelombang kecil tsunami menghantam wilayah pesisir utara Jepang, Selasa (17/2/2015). Tsunami ini merupakan imbas dari gempa berkekuatan 6,9 Skala Richter yang mengguncang lepas pantai Jepang.

Agensi Meteorologi Jepang (JMA) melaporkan adanya gelombang tsunami setinggi 20 sentimeter (Cm) terpantau melanda Kuji. Tinggi gelombang jauh lebih kecil dari prediksi awal, yakni hingga satu meter.

JMA mengingatkan gelombang masih terus meninggi di Kuji, walau tidak akan hingga ke level berbahaya. Gelombang setinggi 10 Cm dilaporkan melanda beberapa bagian pesisir Iwate.

“Sejauh ini baru ada tsunami kecil, tapi kami terus mengingatkan warga untuk tidak mendekati wilayah pesisir, karena gelombang berikutnya bisa menjadi lebih tinggi,” ujar Masayuki Yamazaki, seorang petinggi badan penanggulangan bencana Jepang di Miyako.

“Gempanya cukup kuat dan menggoyang bangunan, tapi belum ada kerusakan,” ucap petinggi lainnya.

Jepang memang rentan terhadap gempa bumi. Sebab terletak di atas pertemuan 4 lempeng tektonik.

 

Loading…

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*