Abraham Samad di Tetapkan Jadi Tersangka Pemalsuan Dokumen, 'Penyidik Jadi Tersangka, KPK Pasti Lumpuh' - Infotainment News Online Terkini

JagatNews

Abraham Samad di Tetapkan Jadi Tersangka Pemalsuan Dokumen, ‘Penyidik Jadi Tersangka, KPK Pasti Lumpuh’

on

Abraham samad jadi tersangka pemalsuan dokumenSapujagat.com – Ketua Komisi Pemberantasan Abraham Samad yang ditetapkan Kepolisian Daerah Sulawesi Selatan dan Barat sebagai tersangka dalam kasus pemalsuan dokumen, Selasa (17/2).

Samad mengaku tidak pernah melakukan pemalsuan dokumen sebagaimana yang disangkakan oleh pihak kepolisian. Dia pun merasa kebingungan dengan beberapa kejanggalan dari sejumlah data yang ditemukan bersama tim kuasa hukumnya.

Menurut Samad, alamat yang dituduhkan dalam sangkaan pemalsuan dokumen itu berbeda dengan alamat yang dimilikinya. Samad mengaku sejak tahun 1999 dirinya menghuni kediaman di tempat lain.

“Saya bingung karena alamat yang dimaksud (dalam sangkaan) itu adalah sebuah ruko. Karena itu saya tidak mengerti tuduhan dan sangkaan kepada saya,” ujar Samad.

Ketua KPK Abraham Samad juga mengaku tidak kenal dengan perempuan yang tercantum di Kartu Keluarganya, Feriyani Lim. Sosok perempuan yang menjadi pertanyaan banyak pihak itu tidak diakui oleh Samad sebagai bagian dari kerabatnya.

“Saya tak mengenal seorang wanita bernama Feriyani Lim,” ujar Samad dengan suara bergetar di Gedung KPK, Selasa malam (17/2).

Selain dia dan Wakil Ketua KPK Bambang Widjojanto yang menjadi tersangka, dua pimpinan KPK lainnya –Zulkarnain dan Adnan Pandu Praja– juga telah dilaporkan ke Polri. Demikian pula dengan 21 penyidik KPK.

“Kalau seluruh penyidik dan pimpinan jadi tersangka, KPK pasti lumpuh,” kata Samad dalam konferensi pers di Gedung KPK, Jakarta, petang ini.

Sebanyak 21 penyidik KPK dilaporkan ke Badan Reserse Kriminal Mabes Polri terkait kasus kepemilikan senjata api ilegal. Menurut Kabareskrim Komjen Budi Waseso, senjata itu dikeluarkan oleh pabrik yang sah dan dibeli secara sah pula, namun izin kepemilikannya tak diperpanjang.

“Pertama, penyebaran foto (mesum mirip Samad), lalu penangkapan Bambang Widjojanto, dan pelaporan pidana Zul dan Pandu. Penyidik juga jadi tersangka,” kata Abraham Samad.

Samad dijadwalkan diperiksa oleh penyidik Polda Sulselbar Jumat pekan ini (19/2) atas dugaan pemalsuan Kartu Keluarga dan Kartu Tanda Penduduk atas nama Feriyani Lim. KK dan KTP itu digunakan Feriyani untuk membuat paspor di Makassar yang sesungguhnya bukan domisili dia.

Meski demikian, sebagai seorang penegak hukum Samad memastikan bakal tetap menghormati proses hukum. Dia saat ini tengah berembug dengan tim kuasa hukumnya untuk menghadapi kasus yang menimpanya.