Hebat ! Pria Jepang Ini Mengembalikan Uang Temuan Hingga Rp359 Miliar - Infotainment News Online Terkini

JagatDunia

Hebat ! Pria Jepang Ini Mengembalikan Uang Temuan Hingga Rp359 Miliar

on

Hebat ! Pria Jepang Ini Mengembalikan Uang Temuan Hingga Rp359 Miliar

Berdasarkan peraturan di Jepang, jika barang temuan tidak diklaim setelah tiga bulan, penemunya berhak memilikinya. Namun mengejutkan, sekitar 390 juta yen (Rp41,9 miliar) masuk ke kas kota Tokyo karena penemu barang enggan menerimanya.

Media lokal menjadikan kisah kejujuran ini sebagai hal yang membanggakan dan merupakan bukti soal seberapa amannya Jepang, jelang Olimpiade 2020 yang akan diselenggarakan di Tokyo.

Kisah-kisah ini juga banyak diceritakan oleh para warga asing yang mendapatkan kembali dompet atau paspor mereka yang ketinggalan di bar atau taksi.

Kemajuan teknologi yang pesat tidak lantas melunturkan nilai-nilai kejujuran di Jepang. Tahun lalu, masyarakat di negara ini mengembalikan pada polisi dompet atau tas berisi uang hingga senilai 3,34 miliar yen, lebih dari Rp359 miliar.

Hal ini disampaikan dalam laporan Kepolisian Metropolitan Tokyo soal penemuan barang hilang yang dikutip Channel NewsAsia, Senin (16/2).

Salah seorang warga, ujar juru bicara polisi Tokyo, bahkan menyerahkan ke kantor polisi sebuah tas olahraga berisi uang senilai Rp1,9 miliar. Dengan uang sebanyak itu, penemunya bisa saja membeli sebuah mobil Maserati GranTurismo MC atau sebuah apartemen kecil di Tokyo, namun hal itu urung dilakukan.

Hampir 74 persen dari uang temuan tahun lalu telah dikembalikan pada pemiliknya, termasuk sebuah tas jinjing penuh dengan uang.

Recommended for you