Cita Citata Disomasi dan Dilaporkan Ke Komnas HAM Lantaran Lecehkan Papua

citacitata dicekalSapujagat.com – Beberapa waktu lalu Cita-Citata pelantun lagu Goyang Dumang tampil mengenakan sebuah busana Papua lengkap dengan atributnya. Yang jadi masalah adalah ucapan negatifnya yang entah disengaja atau tidak. “Cantik kan? Nggak kayak Papua,” bunyi ucapan Cita yang dianggap menyinggung warga Papua.

Parahnya, insiden ini akan segera naik ke meja hijau karena seorang pengacara telah ditetapkan untuk mengirimkan somasi pada Cita. Ditanyai mengenai detail permasalahannya, H. Deddy Djunaedi, tim kuasa hukum Johanes Gluba Gebze (tokoh Papua), menjelaskannya pada wartawan.

“Iya betul, jadi intinya ini kebetulan kita ditunjuk dari kuasa kepala suku Papua. Jadi Cita Cita mengeluarkan statement di salah satu stasiun TV swasta di mana statmentnya itu, ‘aku cantik tapi nggak kaya papua kan?”. Itu yang musti di underline. Itu maksudnya apa aku cantik tapi nggak kaya Papua? Padahal dia memakai atribut Papua di salah satu stasiun swasta menggunakan busana etnis,” jelas Deddy, tim kuasa hukum Johanes Gluba Gebze, seorang tokoh Papua saat dihubungi.

Saking seriusnya permasalahan ini, sebuah somasi akan segera dikirimkan untuk Cita atas ungkapannya tersebut. Seorang pengacara pun sudah disiapkan untuk menaikkan hal ini ke meja hijau dalam waktu dekat.

“Belum sampai ke tingkatan itu (somasi), baru statement awal. Ia ingin klarifikasi kan dia bisa kasih dengan lawyer kita 3 sampai seminggu perlu klarifikasi untuk hal itu,” sambungnya.

Apa yang diucapkan Cita sebagai seorang public figure itu sangat melukai hati Johanes beserta seluruh warga Papua. Yohanes menegaskan jika wanita kelahiran Bandung itu sudah tidak menghargai perbedaan yang ada di Indonesia ini.

“Saya sebagai satu kesatuan orang Papua tersinggung. Kalau individu itu masalah individu, kalau udah masuk etnis kan sebagai orang Papua menjaga harkat martabat orang Papua. Ya maksudnya bahwa kita ingin saling menghormati sebagai warga bangsa negara kesatuan mengakomodir berbagai perbedaan,” ujarnya.

Deddy rencananya juga akan melaporkan masalah ini ke DPR komisi 10, Komnas HAM, dan Cyber Crime Polda. “Sudah (somasi), bahkan kita akan laporkan ke DPR komisi 10. Kita akan coba koordinasi dengan komisi 10, komnas HAM, Cyber Crime Polda dengan menggunakan ITE informasi transaksi UUD no 11 tahun 2008 pasal 28 Ayat 2 junto pasal 45 Ayat 2,” pungkasnya.

Loading…

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*