Tinggal 3 Hari Lagi Menjelang Keputusan Jokowi Soal Kapolri

Tinggal 3 Hari Lagi Menjelang Keputusan Jokowi Soal Kapolri

Perlu diketahui beberapa agenda menanti Jokowi akhir pekan ini. Salah satunya Jokowi akan mengadakan kegiatan di Istana Bogor Jumat (13/2) ini. Beredar kabar keberadaan Jokowi ini untuk melantik Komjen Budi sebagai Kapolri. Lantas apakah Jokowi akan benar-benar melantik Budi Gunawan pekan ini?

Presiden Joko Widodo hingga kini belum menentukan nasib calon tunggal Kapolri Komisaris Jenderal Budi Gunawan. Padahal sebelum melakukan kunjungan kerja ketiga negara, yakni Malaysia, Brunei Darussalam, dan Filipina, Jokowi berjanji akan segera memutuskan nasib Kepala Lembaga Pendidikan Polri tersebut.

Jokowi mengatakan akan memutuskan nasib Komjen Budi Gunawan pekan ini. Atau masih ada sisa waktu tiga hari bagi Jokowi untuk menentukan nasib Budi Gunawan.

“Saya selesaikan semuanya minggu depan,” kata Jokowi sebelum melakukan kunjungan kerjanya.

Banyak pertimbangan yang menjadi alasan bekas juragan meubel ini tak segera melantik Komjen Budi Gunawan. Salah satunya soal masalah hukum yang harus dihadapi mantan ajudan Megawati Soekarnoputri itu.

Menurut Jokowi, dirinya akan menunggu hasil sidang praperadilan yang diajukan Budi Gunawan lewat kuasa hukumnya. Seperti diketahui sidang praperadilan tersebut menindaklanjuti keputusan Komisi Pemberantasan Korupsi menetapkan Komjen Budi Gunawan sebagai tersangka dugaan gratifikasi dan suap saat menjabat Kepala Biro Pembinaan Karier Polri dan jabatan lainnya di kepolisian.

Namun saat sidang praperadilan yang digelar di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, masih berlangsung sempat tersiar kabar Jokowi batal melantik Budi Gunawan. Sinyal ini berawal dari pernyataan Ketua Tim Independen Buya Syafii Maarif.

Buya mengaku telah ditelepon langsung oleh Jokowi terkait pembatalan pelantikan Komjen Budi. Kendati pada akhirnya beberapa pihak termasuk pihak istana membantah kabar tersebut.

Merasa didesak soal kepastian pimpinan korps bayangkara, pihak istana menegaskan Jokowi akan memutuskan nasib Budi Gunawan pekan ini. Menurut Sekretaris Kabinet Andi Widjajanto waktu pengumuman yang dijanjikan Jokowi tidak akan molor dan tetap dilakukan pekan ini.

“Belum ada arahan baru dari Presiden, kemungkinan tetap akan minggu ini,” kata Andi kepada wartawan di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (12/2).

Loading…

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*