Khasiat Jintan Hitam Sebagai Obat Herbal Yang Manjur

Khasiat Jintan Hitam Sebagai Obat Herbal Yang Manjur

Khasiat jintan hitam biasanya digunakan sebagai bumbu masakan di berbagai belahan dunia tak terkecuali di Indonesia. Jintan hitam adalah salah satu rempah-rempah yang memiliki sifat penyembuhan alami yang kuat.

Pada awalnya ramuan jintan hitam ini berasal dari Mesir, Negara-negara timur tengah, dan juga banyak digunakan di India. Jintan hitam kini juga banyak tersedia dalam bentuk minyak ektradisi biji, dan bentuk kapsul siap minum.
Khasiat jintan hitam sangat luar biasa, karena mengandung sekitar 100 senyawa kimia seperti ( karbohidrat, mineral, protein, asam lemak, dan vitamin). Dalam agama Islam meyakini bahwa jintan hitam memiliki bahan yang dapat menyembuhkan semua jenis penyakit kecuali kematian. Ini semua karena dalam al kitab, jintan hitam disebut sebagai biji kuratif, yang telah digunakan untuk pengobatan sejak zaman kuno.
Berikut khasiat jintan hitam untuk menyembuhkan beberapa penyakit seperti :
Meningkatkan kekebalan tubuh
Jintan hitam berkhasiat untuk meningkatkan sistem kekebalan di dalam tubuh. berdasarkan penelitian, di dalam 1 gram kapsul jintan hitam yang di konsumsi 2 X sehari setiap empat minggu dapat meningkatkan rasio T, antara positif dan negative sehingga 72 % meningkatkan kekebalan tubuh ini penting untuk menyembuhkan pilek, influenza, AIDS, dan penyakit lainnya yang terkait dengan imunitas.

Meningkatkan kecerdasan
Jintan hitam mengandung asam linoleat (omega 6),dan asam linoleat (omega 3), sehingga merupakan nutrisi bagi sel otak yang baik untuk meningkatkan daya ingat, kecerdasan dan reaktifitas sel otak agar tidak cepat pikun. Khasiat jintan hitam juga memperbaiki mikro (peredaran darah) ke otak, dan sangat cocok untuk diberikan kepada anak usia pertumbuhan dan lansia.

Sumber nutrisi penting
Jintan hitam mengandung beta-karoten (pro-vitamin A), kalsium, zat besi, sodium dan kalium. Jintan hitam juga memiliki 8 dari 9 asam amino esensial. Asam amino tidak diproduksi oleh tubuh kita, sehingga bisa kita dapat dari sumber luar.

Menyembuhkan asma dan alergi
Histamine adalah senyawa yang dilepaskan oleh system kekebalan tubuh akibat reaksi terhadap alergi. Kandungan senyawa crystalline nigellone yang ada di dalam jintan hitam memiliki protein kinase C, yakni yang dikenal dapat menghambat pelepasan vitamin. Pemberian jintan hitam dapat mengurangi reaksi alergi pada sebagian pasien dengan bronchitis, asma dengan penyakit alergi lainnya dengan tanpa efek samping.

Meningkatkan jumlah ASI
Khasiat jintan hitam dapat meningkatkan jumlah ASI untuk ibu yang menyusui karena kombinasi dengan unsure-unsur tertentu dan struktur hormone lipit yang terkandung di dalamnya.

Mengobati kanker
Asam lemak yang terkandung dalam jintan hitam dapat menghambat perkembangan kanker. Jintan hitam berkemampuan menstimulasi imunitas dan produktivitas sel yang ada di tulang sumsum dan juga memproduksi interferon yang dapat melindungi sel yang normal serta bisa melawan sel tumor dengan tidak merusak sel-sel yang sehat.

Demikianlah beberapa khasiat jintan hitam sebagai obat herbal, semoga menginspirasi.

Loading…

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*