Begini Cara Mengurangi Kolesterol Tanpa Obat - Infotainment News Online Terkini

JagatLifestyle

Begini Cara Mengurangi Kolesterol Tanpa Obat

on

Cara Mengurangi Kolesterol Tanpa Obat

Cara mengurangi kolesterol – Orang yang menyebut dan mengartikan kolesterol itu sebagai suatu bahan yang berbahaya bagi tubuh. Tetapi anggapan itu merupakan suatu yang sangat keliru. Tetapi kolesterol sebenarnya tetap dibutuhkan bagi tubuh. Namun ada kolesterol jahat atau tidak bagus bagi tubuh, inilah yang biasanya disebut dengan nama kolesterol jahat.
Jika kolesterol jahat di dalam tubuh semakin banyak, maka resiko terserah berbagai penyakit pun akan semakin besar. Beberapa penyakit yang disebabkan oleh kolesterol yaitu hipertensi, stroke, dan jantung. Ini disebabkan adanya kolesterol jahat yang menumpuk di dalam tubuh kita. Dan berikut ini ada beberapa cara mengurangi kolesterol tanpa obat.
Bukan hanya dengan obat-obatan kolesterol juga dapat dikontrol dengan memakan makanan yang dapat menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Berikut ini beberapa jenis makanan yang dapat bermanfaat untuk menyembuhkan kolesterol tinggi yaitu sebagai berikut:
Mengkonsumsi alpukat
Buah alpukat bukan hanya dinikmati sebagai makanan sehat sehari-hari, akan tetapi alpukat juga banyak mengandung pitosterol dan lemak tidak jenuh. Kandungan yang ada di dalam alpukat dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat yang ada di dalam tubuh. Buah alpukat juga menjadi sumber vitamin K, potasium, vitamin C, vitamin B6, serat makanan dan asam folat. Cara mengurangi kolesterol bisa dengan di buat jus atau olahan yang lain sesuai dengan selera anda masing-masing.

Mengkonsumsi buah delima
Buah delima merupakan buah yang mempunyai kandungan antioksidan yang berjenis polifenol. Polifenol ini bermanfaat untuk mengurangi kolesterol jahat. Dan menurut penelitian buah delima bisa membantu memperlambat penumpukan kolesterol dan juga menghalangi atau dalam jaringan arteri pada seseorang sehingga beresiko tinggi terkena penyakit jantung.

Mengkonsumsi tomat
Cara mengurangi kolesterol juga bisa menggunakan tomat. Karena tomat mengandung senyawa likopen yang mencegah serangan jantung dan stroke. Dengan mengkonsumsi secara rutin 50 gram setiap hari, kandungan dalam tomat mampu menurunkan jumlah atau kadar kolesterol jahat di dalam tubuh.

Mengkonsumsi Jus jeruk
Jus jeruk mengandung vitamin C yang tinggi, folat, dan juga potassium. Potasium inilah yang akan mencegah oksidasi pada LDL.

Mengkonsumsi minyak zaitun
Kandungan nutrisi yang ada di dalam minyak zaitun yaitu lemak tidak jenuh dan juga antioksidan bisa membantu meningkatkan kadar kolesterol baik dan juga menurunkan jumlah kolesterol jahat yang ada di dalam tubuh. Cara mengurangi kolesterol yaitu dengan mengkonsumsi dua sendok makan minyak zaitun yang kemudian campurkan ke dalam makanan setiap hari. Selain itu, anda juga bisa mencampurkan minyak zaitun ke dalam sayuran yang anda makan atau menggunakannya untuk mengganti mentega.

Makanan yang disebutkan di atas memang bisa digunakan untuk menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh, akan tetapi selain mengkonsumsi makanan sehat, kolesterol juga bisa di turunkan dengan kita berolahraga secara rutin. Olahraga yang dilakukan teratur dapat digunakan sebagai cara mengurangi kolesterol pada tubuh kita. Jenis olahraga sederhana dapat dilakukan untuk menurunkan kolesterol antara lain dengan bersepeda, jalan kaki serta berenang.

Recommended for you